PERSEPSI REMAJA TENTANG CITRA RADIO MAKOBU FM YANG BERSEGMENTASI REMAJA (Studi pada siswa kelas XI SMAN 8 Malang)

Main Author: Anggorowati, Riris
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/6407/1/PERSEPSI_REMAJA_TENTANG_CITRARADIO_MAKOBU_FM_YANG_BERSEGMENTASI_REMAJA.pdf
http://eprints.umm.ac.id/6407/
ctrlnum 6407
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/6407/</relation><title>PERSEPSI REMAJA TENTANG CITRA RADIO MAKOBU FM YANG BERSEGMENTASI REMAJA (Studi pada siswa kelas XI SMAN 8 Malang)</title><creator>Anggorowati, Riris</creator><subject>HJ Public Finance</subject><description>Siaran radio yang istilahnya (Broadcasting) merupakan bentuk siaran yang masing-masing sudah memiliki prioritas siaran, agar siaran radionya dapat diterima pendengarnya sebaik mungkin. Sehingga banyak cara yang harus dilakukan oleh radio dalam rangka mengembangkan citra tertentu sesuai dengan yang diharapkan. Disinilah pihak stasiun radio dituntut untuk menanamkan citra positif di mata masyarakat pendengarnya terutama program-program siarannya, salah satunya adalah penentuan segmentasi pasar, hal ini dikarenakan sifat audience yang beragam yang nantinya berpengaruh terhadap sajian acara yang nantinya akan mempengaruhi terbentuknya suatu citra pada suatu perusahaan, dalam hal ini adalah citra radio Makobu FM. Pilihan segmentasi radio ini bisa dikatakan sangat realitas karena di era kompetisi yang seru dapat dikatakan hampir mustahil membangun sebuah stasiun radio yang mampu membidik sasaran semua khalayak, motivasi perusahaan radio untuk melakukan terobosan tidak lain karena keinginan untuk selalu bertahan di udara. Meski stasiun radio Makobu FM membidik segmen remaja tapi tidak semua remaja mempunyai persepsi yang sama atau malah cenderung bertolak belakang. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana persepsi remaja tentang citra radio Makobu FM yang bersegmentasi remaja ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan memaparkan opini dan pemikiran remaja dalam proses pemaknaan suatu citra dari program siaran radio Makobu FM.&#xD; Persepsi itu sendiri merupakan salah satu dari proses kognitif yang mencakup suatu rentang yang luas melalui aktivitas-aktivitas mental yang mencakup penafsiran-penafsiran stimuli yang mengorganisasi penafsiran atau ide-ide sedangkan citra adalah cara individu memandang suatu relaitas atau obyek sesuai dengan basic individu tersebut.Dari uraian tersebut dapat diketahui hubungan persepsi dengan citra adalah representasi aktivitas-aktivitas mental seseorang yang berupa konsepsi , penafsiran, gambaran atau pesan tentang kegiatan atau perilaku suatu obyek. Persepsi dalam hal ini adalah bagaimana pandangan responden tentang citra radio Makobu FM yang bersegmentasi remaja.&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pengambilan sampelnya menggunakan teknik accidental dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisa datanya dengan menggunakan mean atau rata-rata.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan tingkat interaksi responden dengan program-program siaran radio Makobu FM adalah rendah, sedangkan citra radio Makobu FM sebagai radio remaja dapat diukur dari penangkapan responden terhadap program-program siaran radio Makobu FM yang sesuai dengan selera remaja, Hasil penelitian ini menunjukkan citra radio Makobu FM yang bersegmentasi remaja yang tertangkap oleh responden sebesar 42,7 % atau berada pada mean 24,1.&#xD; Kesimpulan dari penelitian ini adalah pesan yang disampaikan oleh radio Makobu FM ternyata tidak sesuai dengan apa yang diharapkan remaja, radio Makobu FM yang mempositioningkan dirinya ke segmentasi remaja ternyata belum sepenuhnya menjaring khalayak secara optimal dan efisien. Radio harus mempunyai positioning yang jelas agar citra yang diharapkan dapat terpenuhi</description><date>2006</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/6407/1/PERSEPSI_REMAJA_TENTANG_CITRARADIO_MAKOBU_FM_YANG_BERSEGMENTASI_REMAJA.pdf</identifier><identifier> Anggorowati, Riris (2006) PERSEPSI REMAJA TENTANG CITRA RADIO MAKOBU FM YANG BERSEGMENTASI REMAJA (Studi pada siswa kelas XI SMAN 8 Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>6407</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Anggorowati, Riris
title PERSEPSI REMAJA TENTANG CITRA RADIO MAKOBU FM YANG BERSEGMENTASI REMAJA (Studi pada siswa kelas XI SMAN 8 Malang)
publishDate 2006
topic HJ Public Finance
url http://eprints.umm.ac.id/6407/1/PERSEPSI_REMAJA_TENTANG_CITRARADIO_MAKOBU_FM_YANG_BERSEGMENTASI_REMAJA.pdf
http://eprints.umm.ac.id/6407/
contents Siaran radio yang istilahnya (Broadcasting) merupakan bentuk siaran yang masing-masing sudah memiliki prioritas siaran, agar siaran radionya dapat diterima pendengarnya sebaik mungkin. Sehingga banyak cara yang harus dilakukan oleh radio dalam rangka mengembangkan citra tertentu sesuai dengan yang diharapkan. Disinilah pihak stasiun radio dituntut untuk menanamkan citra positif di mata masyarakat pendengarnya terutama program-program siarannya, salah satunya adalah penentuan segmentasi pasar, hal ini dikarenakan sifat audience yang beragam yang nantinya berpengaruh terhadap sajian acara yang nantinya akan mempengaruhi terbentuknya suatu citra pada suatu perusahaan, dalam hal ini adalah citra radio Makobu FM. Pilihan segmentasi radio ini bisa dikatakan sangat realitas karena di era kompetisi yang seru dapat dikatakan hampir mustahil membangun sebuah stasiun radio yang mampu membidik sasaran semua khalayak, motivasi perusahaan radio untuk melakukan terobosan tidak lain karena keinginan untuk selalu bertahan di udara. Meski stasiun radio Makobu FM membidik segmen remaja tapi tidak semua remaja mempunyai persepsi yang sama atau malah cenderung bertolak belakang. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana persepsi remaja tentang citra radio Makobu FM yang bersegmentasi remaja ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan memaparkan opini dan pemikiran remaja dalam proses pemaknaan suatu citra dari program siaran radio Makobu FM. Persepsi itu sendiri merupakan salah satu dari proses kognitif yang mencakup suatu rentang yang luas melalui aktivitas-aktivitas mental yang mencakup penafsiran-penafsiran stimuli yang mengorganisasi penafsiran atau ide-ide sedangkan citra adalah cara individu memandang suatu relaitas atau obyek sesuai dengan basic individu tersebut.Dari uraian tersebut dapat diketahui hubungan persepsi dengan citra adalah representasi aktivitas-aktivitas mental seseorang yang berupa konsepsi , penafsiran, gambaran atau pesan tentang kegiatan atau perilaku suatu obyek. Persepsi dalam hal ini adalah bagaimana pandangan responden tentang citra radio Makobu FM yang bersegmentasi remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pengambilan sampelnya menggunakan teknik accidental dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisa datanya dengan menggunakan mean atau rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan tingkat interaksi responden dengan program-program siaran radio Makobu FM adalah rendah, sedangkan citra radio Makobu FM sebagai radio remaja dapat diukur dari penangkapan responden terhadap program-program siaran radio Makobu FM yang sesuai dengan selera remaja, Hasil penelitian ini menunjukkan citra radio Makobu FM yang bersegmentasi remaja yang tertangkap oleh responden sebesar 42,7 % atau berada pada mean 24,1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pesan yang disampaikan oleh radio Makobu FM ternyata tidak sesuai dengan apa yang diharapkan remaja, radio Makobu FM yang mempositioningkan dirinya ke segmentasi remaja ternyata belum sepenuhnya menjaring khalayak secara optimal dan efisien. Radio harus mempunyai positioning yang jelas agar citra yang diharapkan dapat terpenuhi
id IOS4109.6407
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:40:25Z
last_indexed 2017-03-21T02:40:25Z
recordtype dc
_version_ 1675924125772677120
score 17.538404