EVALUASI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI SEBAGAI DASAR PENETAPAN HARGA JUAL PADA PT. MULTI KREASI DAYA PERKASA MALANG

Main Author: ARISTIEN, DILA HIKMAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/6180/1/EVALUASI_PENENTUAN_HARGA_POKOK_PRODUKSISEBAGAI_DASAR_PENETAPAN_HARGA_JUAL_PADAPT.pdf
http://eprints.umm.ac.id/6180/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif pada PT. Multi Kreasi Daya Perkasa Malang dengan judul “Evaluasi Penentuan Harga Pokok Produksi Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Pada PT. Multi Kreasi Daya Perkasa Malang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kewajaran penentuan harga pokok produksi serta peranannya terhadap harga jual pada PT. Multi Kreasi Daya Perkasa Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu tekni pengumpulan data dengan cara melihat dan mendokumentasikan bukti-bukti yang dibutuhkan berupa dokumentasi dari perusahaan. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui kewajaran penentuan harga pokok produksi antara lain: laporan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik, biaya administrasi dan umum, biaya penjualan, dan harga jual produk Folding Chair dan Folding Arm Chair. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pada PT. Multi Kreasi Daya Perkasa Malang ditemukan adanya kekurangtepatan penggolongan biaya, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap penentuan harga pokok produksi serta peranannya terhadap harga jual. Biaya listrik yang seharusnya masuk pada biaya overhead pabrik, tetapi perusahaan memasukkannya pada biaya administrasi dan umum, dan biaya pemeliharaan kendaraan yang seharusnya masuk pada biaya penjualan, tetapi perusahaan memasukkannya pada biaya administrasi dan umum. Berdasarkan kesimpulan di atas, peneliti mengimplikasikan bahwa perusahaan hendaknya melakukan pemisahan yang jelas antara biaya produksi dan biaya non produksi, agar diketahui biaya yang benar-benar terserap oleh produksi dan yang secara tidak langsung terserap oleh produksi. Selain itu dalam penetapan harga jual, perusahaan juga harus memperhatikan faktor-faktor eksternal perusahaan, seperti: pasar, permintaan, harga pokok pesaing.