Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII

Main Author: Istikharoh, Istikharoh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/61574/1/PENDAHULUAN.pdf
http://eprints.umm.ac.id/61574/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umm.ac.id/61574/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umm.ac.id/61574/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umm.ac.id/61574/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umm.ac.id/61574/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umm.ac.id/61574/7/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umm.ac.id/61574/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP SEJAHTERA PRIGEN. Dalam penelitian ini didapatkan rata – rata persentase keterlaksanaan pembelajaran pada kegiatan pendahuluan 91,67%, kegiatan inti 81,94%, dan kegiatan penutup 86,11% sehingga secara keseluruhan keterlaksanaan pembelajaran berkategori sangat baik. Rata – rata persentase keaktifan siswa pada aktivitas pembelajaran dikelas 86,81%, aktivitas kelompok dengan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match 82,69% dan aktivitas presentasi 83,33% sehingga keaktifan siswa berkategori sangat baik. rata – rata persentase hasil belajar siswa 81,8% dengan kategori baik. berdasarkan deskripsi tersebut maka pembelajaran kooperatif tipe Make a Match efektif terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII.