ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING LMS-CANVAS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
Main Author: | Indrawati, Rosalina Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/61520/19/PENDAHULUAN.pdf http://eprints.umm.ac.id/61520/2/BAB.pdf http://eprints.umm.ac.id/61520/3/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umm.ac.id/61520/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar matematika mahasiswa setelah adanya kelas online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Sumber data adalah mahasiswa angkatan 2017. Data diperoleh melalui pengisian google form untuk mengetahui kategori motivasi belajar mahasiswa dengan jumlah item instrumen sebanyak 35 item. Pengukuran terhadap masing-masing pernyataan menggunakan skala Likert, yaitu: 1) sangat tidak setuju; 2) tidak setuju; 3) ragu-ragu; 4) setuju, dan 5) sangat setuju. Motivasi belajar sangat berpengaruh terhadap perilaku mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika yang dianalisis rata-rata indikator tujuan orientasi intrinsik sebesar 3,27 dikategorikan baik, tujuan orientasi ekstrinsik sebesar 3,21 dikategorikan baik, nilai tugas sebesar 3,36 dikategorikan baik, kontrol kepercayaan untuk pembelajaran sebesar 3,95 dikategorikan baik, kepercayaan diri sebesar 3,31 dikategorikan baik, dan tingkat kecemasan sebesar 3,17 dikategorikan baik. Rata-rata keseluruhan indikator motivasi belajar yaitu sebesar 3,27 termasuk dalam kategori baik.