TINGKATAN KREDIBILITAS NAJWA SHIHAB SEBAGAI PRESENTER DALAM TAYANGAN MATA NAJWA DI TRANS 7 (Studi Pada Anggota Himpunan Mahasiswa Islam dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang)

Main Author: Fernanda, Anidya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/61134/8/PENDAHULUAN.pdf
http://eprints.umm.ac.id/61134/1/BAB%20I.pdf.pdf
http://eprints.umm.ac.id/61134/2/BAB%20II.pdf.pdf
http://eprints.umm.ac.id/61134/3/BAB%20III.pdf.pdf
http://eprints.umm.ac.id/61134/4/BAB%20IV.pdf.pdf
http://eprints.umm.ac.id/61134/5/BAB%20V.pdf.pdf
http://eprints.umm.ac.id/61134/6/BAB%20VI.pdf.pdf
http://eprints.umm.ac.id/61134/7/LAMPIRAN.pdf.pdf
http://eprints.umm.ac.id/61134/
Daftar Isi:
  • Fernanda, Anidya, 201410040311158. TINGKATAN KREDIBILITAS NAJWA SHIHAB SEBAGAI PRESENTER DALAM TAYANGAN MATA NAJWA DI TRANS 7 (Studi pada Himpunan Mahasiswa Islam dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang) Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Malang. Pembimbing: (I) Drs. Farid Rusman, M.Si., (II) Isnani Dzuhrina, M.Adv. Televisi menjadi sumber informasi maupun hiburan utama dalam beberapa dekade ini. Setiap stasiun berlombang menampilkan program terbaik salah satunya adalah program Mata Najwa yang pertama kali hadir di Metro TV lalu pindah ke stasiun TV swasta yaitu Trans TV. Najwa Shihab sebagai presenter dalam tayangan tersebut sering kali mendapatkan penghargaan atas kepiwaiannya memandu program acara, namun pada lain kesempatan Najwa Shihab mendapatkan isu miring mengenai kredibilitasnya sebagai komunikator saat memandu tayangan Mata Najwa di episode “KPK:Kiamat pemberantasan Korupsi”. Najwa dianggap memihak salah satu pihak saat itu, inilah yang mendasari penelitian ini dibuat bagaimana pandangan Mahasiswa kepada kredibilitas Najwa shihab setelah diterpa isu tersebut. Penelitian ini menggunakan teori kredibilitas sumber untuk mengetahui bagaimana kredibilitas dapat dinilai. Kredibilitas dapat dinilai dengan dua cara pandang yaitu dengan keahliannya dalam mencari dan menyampaikan informasi mengenai tema yang akan ditampilkan kemudian kepercayaan yaitu kesan yang didapatkan berdasarkan wakta dan perangai komunikator itu sendiri saat memandu jalannya acara. Dengan Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yang didapat 48 responden dari anggota HMI FISIP dan 62 responden berasal dari anggotan IMM FISIP Universitas Muhammadiyah Malang. Hasil penelitian yang didapat berdasarkan jumlah tingkatan nilai interval atas jawaban keahlian dan kepercayaan menunjukkan, nilai 3,85-4,08 yang masuk dalam kategori tingkatan setuju lalu pada item pernyataan tentang kepercayaan mendapatkan nilai 3,40-4,22 yang berarti masuk kategori jawaban tingkatan interval sangat setuju. Selain nilai jawaban interval didapat pula nilai rata-rata (mean) dalam setiap indikator variabel yaitu pada kelompok sampel HMI nilai rata-rata keahliannya sebesar 51,29 dan nilai rata-rata kepercayaanya mendapat nilai 27,60. Sedangkan pada kelompok sampel IMM meraih nilai sebesar 51,48 dari indikator variabel keahlian dan 27,61 dari indikator variabel kepercayaan.