PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU
Main Author: | Mulyono, Merrynda Dwi Setiyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/57327/1/PENDAHULUAN.pdf http://eprints.umm.ac.id/57327/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umm.ac.id/57327/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umm.ac.id/57327/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umm.ac.id/57327/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umm.ac.id/57327/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umm.ac.id/57327/7/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umm.ac.id/57327/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap partisipasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan eksperimen semu (quasi-eksperiment) dengan desain Two Group Randomized Subject Post Test Only. Subjek penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas ekspeerimen dan kelas kontrol kemudian menggunakan instrument berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif TGT terhadap partisipasi belajar peserta didik. Ternyata partisipasi belajar kelas eksperimen lebih baik setelah diberikan pembelajaran kooperatif TGT dibandingkan dengan kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Partisipasi peserta didik yang membaik terlihat dari perbedaan rata-rata nilai lembar observasi partisipasi belajar sesudah diberikannya treatment pembelajaran kooperatif TGT. Nilai rata-rata yaang diperoleh 2,87 dengan skor tertinggi dalam indikator partisipasi bertanya, indikator partisipasi menyimpulkan materi, terendah pada indikator partisipasi menyelesaiakan soal di papan tulis dan partisipasi mencatat pada hari pertama. Rata-rata 3,12 dengan skor tertinggi dalam indikator partisipasi bertanya dan terendah indikator partisipasi mencatat pada hari kedua. This study aims to determine the effect of the use of the Teams Games Tournament (TGT) cooperative learning model on students learning participation. This research uses a descriptive qualitative approach using quasi-experiment design with Two Group Randomized Subject Post Test Only . The subjects of this study used two classes, namely the experiment class and the control class and then and than used the instrument in the form of an observation sheet. The results showed that there was an influence of the use of TGT cooperative learning on student learning participation. It turned out that the learning particiation of the experiment class was better after being given TGT cooperative learning compared to the control class given coventional learning. Improved student participation can be see from the difference in the average value of learning participation observation sheets after the TGT cooperative learning treatment is given. The average score was 2,87 with the highest score in the participation indicator asking questions, the participation indicator concluded the material, the lowest in the participation indicator completing the questions on the board and participation recorded on the first day. Average 3,12 with the highest score in the participation indicator asking questions and the lowest participation indicator recorded on the secon day.