KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED
Main Author: | Rahmawati, Risma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/56811/1/PENDAHULUAN.pdf http://eprints.umm.ac.id/56811/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umm.ac.id/56811/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umm.ac.id/56811/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umm.ac.id/56811/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umm.ac.id/56811/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umm.ac.id/56811/7/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umm.ac.id/56811/ |
Daftar Isi:
- Penelitian yang ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi dan penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) dengan pendekatan open- ended. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Mojosari dikelas VIIIG selama 4 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara pemberian tes, wawancara dan observasi aktivitas guru dan siswa. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis dan penalaran matematis siswa setelah diterapkan pembelajaran AIR dengan pendekatan open-ended. Tes berupa soal uraian yang berisikan soal open-ended sebanyak dua butir soal. Wawancara yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur. Wawancara digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis dan penalaran matematis siswa atau sebagai verifikasi hasil tes yang dikerjakan siswa. Sedangkan lembar observasi aktivitas guru dan siswa digunakan sebagai penilaian ketercapaian pelaksanan pembelajaran yang diterapkan selama penelitian. Kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran memperoleh kategori sangat baik sedangkan pada kemampuan penalaran memperoleh kategori baik. Sehingga penerapan pembelajaran pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan pendekatan open-ended dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa.