SCHOOL READINESS DITINJAU DARI POTENSI PSIKOLOGIS SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSI TINGKAT SEKOLAH DASAR KOTA BATU
Daftar Isi:
- Kesiapan sekolah merupakan hal yang penting, sebelum siswa menerima materi pelajaran di lingkungan pendidikan. Dengan kesiapan sekolah yang baik anak akan lebih mudah menerima dan memahami pelajaran. Begitupun halnya dengan siswa berkebutuhan khusus, mereka membutuhkan kesiapan dalam memasuki sekolah formal inklusi disebabkan karena banyaknya tuntutan lingkungan yang akan mereka hadapi. Beberapa aspek kesiapan sekolah (school readiness) yang harus dipenuhi siswa inklusi adalah aspek kognitif, sosial, emosi, motivasi dan bahasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesiapan sekolah siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusi. Jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian guru-guru inklusif dan sebanyak 31 siswa. Instrument penelitian menggunakan observasi dan wawancara serta dianalisa dengan menggunakan analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rerata kesiapan sekolah (school readiness) pada siswa berkebutuhan khusus aspek bahasa (2,98%), diikuti aspek emosi (2,80%), aspek sosial (2,74%), aspek kognitif (2.60%), dan aspek motivasi (2.55%).