Pengukuran emosi berdasarkan biofeedback sensor pada game berjenis battle royale
Main Author: | Ridwan, Moh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/55141/85/pendahuluan.pdf http://eprints.umm.ac.id/55141/44/BAB%20I.pdf http://eprints.umm.ac.id/55141/45/BAB%20II.pdf http://eprints.umm.ac.id/55141/46/BAB%20III.pdf http://eprints.umm.ac.id/55141/47/BAB%20IV.pdf http://eprints.umm.ac.id/55141/48/BAB%20V.pdf http://eprints.umm.ac.id/55141/49/Lampiran.pdf http://eprints.umm.ac.id/55141/7/poster.pdf http://eprints.umm.ac.id/55141/ |
Daftar Isi:
- Game merupakan salah satu aktivitas yang saat ini tidak bisa dipisahkan dari setiap individu. Secara umum, genre pada game dibagi menjadi 5 yaitu strategy, role-playing games (RPG), sport, adventures, puzzle action. Berkembangnya teknologi munculah genre-genre baru, salah satu yaitu battle royale. Munculnya battle royale menjadikan genre tersebut, genre yang paling banyak dilihat oleh streamers online. Salah satu game dengan genre battle royale adalah PlayersUnknown’s BattleRoyale atau lebih dikenal PUBG. Dengan populernya PUBG tersebut munculah ide permasalahan yaitu, bagaimana sebenarnya feedback yang diberikan pemain saat seorang sedang bermain game PUBG sehingga, membuat sesorang candu akan PUBG. Ada beberapa aspek untuk bisa mengetahui permasalahan tersebut, salah satunya adalah emosi. Secara umum emosi merupakan dorongan untuk bertindak sehingga, pada penelitian ini emosi digunakan untuk mengetahui feedback atau experience yang dialami pemain. Dengan menggunakan dua sensor biofeedback yaitu pulse sensor dan galvanic skin respons, penelitian ini akan mengukur emosi pemain saat bermain game PUBG.