STUDI TENTANG KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 MANTUP PADA MATERI STATISTIKA
Main Author: | MEI ANGGRAENI, FITRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/5368/1/STUDI_TENTANG_KEMAMPUAN_KOMUNIKASI_MATEMATIKA_SISWA_KELAS_XI_IPA_SMAN_1_MANTUP_PADA_MATERI_STATISTIKA.pdf http://eprints.umm.ac.id/5368/ |
Daftar Isi:
- Komunikasi matematika adalah salah satu kompetensi dasar dalam kurikulum 2004 atau Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Kemampuan komunikasi matematika dibagi menjadi dua yaitu kemampuan komunikasi matematika secara lisan dan secara tertulis. Indikator dalam kemampuan komunikasi matematika secara lisan adalah siswa dapat menjelaskan konsep kedalam bahasa matematika, siswa dapat menjelaskan masalah kedalam bahasa matematika, siswa dapat menjelaskan operasi perhitungan, siswa dapat menjelaskan solusi matematika, siswa dapat menjelaskan interpretasi jawaban, dan siswa dapat menyampaikan ide atau pendapat. Sedangkan indikator dalam kemampuan komunikasi matematika secara tertulis adalah siswa dapat menuliskan konsep kedalam bahasa matematika, siswa dapat menuliskan masalah kedalam bahasa matematika, siswa dapat menuliskan operasi perhitungan ,siswa dapat menuliskan solusi matematika, dan siswa dapat menuliskan kesimpulan jawaban. Penelitian ini bersifat deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematika siswa kelas XI IPA secara lisan dan secara tertulis, dan juga untuk mengetahui dimana letak kesulitan siswa dalam menyelesaikan dan mendiskusikan soal-soal pada materi statistika ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Mantup Tahun pelajaran 2007/2008 dengan subjek penelitian 10 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase kemampuan komunikasi matematika secara tertulis sebesar 73,33% dengan kriteria baik dengan perincian aktivitas siswa dalam menuliskan penyelesaian masalah sebesar 96,67% dan dalam menuliskan kesimpulan jawaban sebesar 50%; (2) Persentase kemampuan komunikasi matematika secara lisan sebesar 63,89% dengan kriteria cukup baik dengan perincian aktivitas siswa dalam menjelaskan penyelesaian masalah sebesar 89,17%, dalam menjelaskan interpretasi jawaban sebesar 45% dan dalam menyampaikan pendapat atau jawaban sebesar 57,5%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Mantup secara tertulis sudah baik dan secara lisan sudah cukup baik. Sedangkan kesulitan siswa secara tertulis adalah pada aktivitas menuliskan kesimpulan sedangkan secara lisan adalah pada aktivitas menjelaskan interpretasi jawaban dan menyampaikan pendapat.