PENALARAN DALAM TUTURAN LISAN GURU PADA PEMBELAJARAN DI SMP KOTA MALANG
Main Author: | Eriyanti, Ribut Wahyu |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Yogyakarta
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/53587/18/Peer%20Review%20-%20Eriyanti%20-%20Penalaran%20Bahasa%20Guru%20Pembelajaran%20Konstruksi.pdf http://eprints.umm.ac.id/53587/19/Similarity%20-%20Eriyanti%20-%20Penalaran%20Bahasa%20Guru%20Pembelajaran%20Konstruksi.pdf http://eprints.umm.ac.id/53587/20/Eriyanti%20-%20Penalaran%20Bahasa%20Guru%20Pembelajaran%20Konstruksi.pdf http://eprints.umm.ac.id/53587/ https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/14252 |
Daftar Isi:
- Penelitian inibertujuan mendeskripsikan pola dan strategi bernalar bahasa guru pada pembelajaran di SMP Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatiffenomenologis dengan subjek guru matapelajaran Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, dan IPS di dua SMP negeri dan dua SMP swasta di Kota Malang. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dibantu dengan alat perekam video. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, pola-pola penalaran dalam bahasa guru pada pembelajaran: (1) pada tataran kalimat terdiri atas pola Topic + Comment dan Pola Comment + Topic; (2) pada tataran fragmen terdiri atas: (a) Pikiran pokok (PP) + Materi Pendukung (MP), (b) Materi Pendukung (MP) + Pikiran pokok (PP), (c) Materi Pendukung (MP) + Pikiran pokok (PP) + Materi Pendukung Selanjutnya (MPS), (d) Materi Pendukung (MP) + Pikiran pokok Tersirat (PPS); dan (3) pada tataran wacana terdiri ataspola: (a) PP + MP, (b) MP + PP + MP + PP, (c) MP + PP + MP + PP + MP, dan (d) PP + MP + PP. Kedua, strategi bernalar dalam bahasa guru pada pembelajaran meliputi: (1) strategi deduktif dengan contoh, baik langsung maupun analogi, (2) strategi induktif, dan (3) strategi campuran (konvergensi).