ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MODEL SIKLUS BELAJAR LIMA FASE

Main Author: Dayat, Dayat
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/53027/13/NASKAH.pdf
http://eprints.umm.ac.id/53027/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar dan kreativitas memecahkan masalah matematika pada siswa dengan menggunakan model siklus belajar lima fase ( Learning cycle 5 E), Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan jumlah siswa sebanyak 13 siswa, yang mengambil data dengan menggunakan angket yang berupa angket motivasi dan tes tentang kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika. Angket tersebut diberikan selama pembelajaran berlangsung untuk mengetahui seberapa jauh motivasi belajar siswa dengan menggunakan model siklus belajar lima fase (5E).Hasil angket motivasi diperole rata – rata sebesar 87,16 persen dengan kriteria tinggi. Sedangkan untuk mengetahui kreativitas siswa dalam memecahkan masalah dalam penelitian ini menggunakan tes yaitu dengan pertanyaan terbuka sehingga memungkinkan munculnya beberapa kemungkinan jawaban oleh siswa. Rekapitulasi hasil tes tentang kreativitas tersebut menghasilkan sangat kreatif 73,08 persen, kreatif 26,92 persen. Dari analisa tersebut bahwa motivasi belajar dan kreatifitas siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan menggunakan siklus belajar lima fase pada siswa SDN Ngraho Kec. Gayam Kab. Bojonegoro sangat efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.