PENINGKATAN PENGUASAAN VOCABULARY BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGGESTOPEDIA PADA SISWA KELAS V SDN SUKOSARI KECAMATAN JOGORORTO KABUPATEN JOMBANG

Main Author: Fatmawati, Bella Fita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/52977/81/PENDAHULUAN.pdf
http://eprints.umm.ac.id/52977/3/BAB%20I.pdf
http://eprints.umm.ac.id/52977/50/BAB%20II.pdf
http://eprints.umm.ac.id/52977/51/BAB%20III.pdf
http://eprints.umm.ac.id/52977/52/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umm.ac.id/52977/53/BAB%20V.pdf
http://eprints.umm.ac.id/52977/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umm.ac.id/52977/
Daftar Isi:
  • Penguasaan bahasa inggris pada era saat ini sangat penting namun nyatanya tingkat penguasaan bahasa inggris khususnya di SDN Sukosari masih terbilang rendah.. Siswa belum bisa melengkapi kalimat-kalimat sederhana dengan kata yang tepat. Metode suggestopedia sebagai metode pembelajaran bahasa, mampu meningkatkan kuantitas penguasaan kosakata bahasa Inggris. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengujicobakan metode suggestopedia pada pembelajaran bahasa Inggris.Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode suggestopedia dan peningkatan penguasaan kosakata bahasa inggris siswa kelas V SDN Sukosai. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmins dan Mc Taggart. Hasil penemuan penelitian menggambarkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas V SDN Sukosari jika dibandingkan sebelum dan setelah menggunakan metode suggestopedia pada. Pelaksanaan metode suggestopedia pada siswa kelas V terbilang lancar, hanya terdapat sedikit kendala teknis dengan alat pengeras musik yang digunakan. Rata-rata skor pada siklus I yakni 63,1% dan pada siklus II 88,5%. Dengan demikian peningkatan penguasaan kosakata dikatakan berhasil karena telah melebihi presentase ketuntasan yang diinginkan yakni 80%.