Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis dalam komunikasi matematis tertulis siswa pada materi Teorema Pythagoras kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa dari kelas VIII-B SMP Negeri 02 Batu, yang terdiri dari masing-masing 2 siswa yang berkemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat 2 golongan pemahaman konsep matematis dalam komunikasi matematis tertulis siswa di SMP Negeri 02 Batu yaitu tinggi dan sedang. Kelompok siswa dengan kriteria tinggi bisa dilihat ketika siswa telah mampu menuliskan rumus, dapat menuliskan informasi yang diketahui sesuai dengan rumus, mengetahui syarat cukup/perlu dari konsep rumus dan dapat menggambarkan situasi masalah dalam bentuk gambar, menyelesaikan soal dengan menggunakan prosedur atau operasi tertentu dan dapat menggunakan rumus untuk mencari solusi permasalahan. Sedangkan kelompok siswa dengan kriteria sedang dapat dilihat ketika dia mengetahui rumusnya namun tidak dituliskan dan dapat menuliskan informasi yang diketahui namun kurang sesuai dengan rumusnya. Dapat menggambarkan situasi masalah dalam bentuk gambar namun tidak digambarkan dan prosedur pengerjaan kurang lengkap serta dapat membuat kesimpulan dari jawaban namun tidak dituliskan.