KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DAN PENILAIAN TEMAN SEBAYA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Main Author: | Atalia, Denys Andrew |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/51560/1/PENDAHULUAN.pdf http://eprints.umm.ac.id/51560/2/BAB%201-dikonversi.pdf http://eprints.umm.ac.id/51560/3/BAB%202.pdf http://eprints.umm.ac.id/51560/4/BAB%203.pdf http://eprints.umm.ac.id/51560/5/BAB%204.pdf http://eprints.umm.ac.id/51560/6/BAB%205.pdf http://eprints.umm.ac.id/51560/7/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umm.ac.id/51560/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Andrew Atalia, Denys. 2019. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pada Penerapan Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) dan Penilaian Teman Sebaya Ditinjau Dari Gaya Belajar. Skripsi Program Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. Dosen Pembimbing : (1) Dr. M. Syaifuddin, M.Si, (2) Mayang Dintarini, M.Pd Penelitian yang berjudul “Kemampuan Komunikasi Matematis dan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pada Penerapan Model SFAE dan Penilaian Teman Sebaya Ditinjau Dari Gaya Belajar” ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pada model SFAE dan penilaian teman sebaya untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif siswa SMP yang ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Plandaan tepatnya dikelas VIIIB selama 4 kali pertemuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah analisis kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif siswa SMP. Instrumen dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tes hasil belajar, observasi pembelajaran, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh kategori tinggi dan memperoleh rata-rata 87,8. Kemampuan berpikir kreatif siswa memperoleh kategori tinggi dan memperoleh rata-rata 75,21. Rata-rata dari skor penilaian teman sebaya untuk menilai sikap mendapat kategori baik. Kata kunci : Pembelajaran, Komunikasi Matematis, Berpikir Kreatif, Model SFAE, Gaya Belajar, Penilaian Teman Sebaya