ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU
Main Author: | Oktavidiyanti, Ainur Rizkia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/51435/1/PENDAHULUAN.pdf http://eprints.umm.ac.id/51435/2/BAB%20II.pdf http://eprints.umm.ac.id/51435/3/BAB%20I.pdf http://eprints.umm.ac.id/51435/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umm.ac.id/51435/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umm.ac.id/51435/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umm.ac.id/51435/7/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umm.ac.id/51435/ |
Daftar Isi:
- Kurikulum 2013 lebih menekankan pada kemampuan pemecahan masalah atau problem solving, kemampuan penalaran, serta kemampuan komunikasi siswa. Penelitian ini mengkaji Kemampuan komunikasi matematis tertulis merupakan suatu kemampuan menyuarakan dan menyampaikan gagasan matematika dengan bahasa matematika secara tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa setelah diterapkannya metode Problem Solving dalam proses pembelajaran. Analisis penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif dengan didukung instrumen peneilitian berupa Lembar Kerja dan Lembar Diskusi serta RPP sebagai pedoman saat penelitian. Penelitian ini menerapkan metode pembelajaran problem solving untuk melihat bagaimana komunikasi matematika tertulis siswa di SMP Negeri 3 Bondowoso. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kelima sampel dari kelas VIII A yang menggunakan metode problem solving mampu mendeskrispikan dan memilah informasi yang termuat dalam soal. Meskipun sedikit merasa kesulitan membahasakannya dalam bahasa matematika, namun sampel mampu menyelesaikan masalah yang ada dengan cara berpikir yang aktual. Berbeda dengan kelima sampel kelas VIII B yang kurang mampu memahami masalah yang diberikan dan kurang mampu menginterpretasikan ide nya ke dalam bentuk matematika.