PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PPKn UNTUK MEMBANGKITKAN RASA NASIONALISME (studi kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Malang)
Main Author: | Wicaksosno, Dayu Alam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/51112/1/pendahuluan.pdf http://eprints.umm.ac.id/51112/44/BAB%20I%281%29.pdf http://eprints.umm.ac.id/51112/45/BAB%20II%282%29.pdf http://eprints.umm.ac.id/51112/46/BAB%20III%283%29.pdf http://eprints.umm.ac.id/51112/48/BAB%20V%282%29.pdf http://eprints.umm.ac.id/51112/49/Lampiran%281%29.pdf http://eprints.umm.ac.id/51112/80/BAB%20IV.pdf http://eprints.umm.ac.id/51112/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wicaksono Dayu, Alam.2019. Penerapan Model Cooperative learning dalam Pembelajaran PPKn Untuk Membangkit Rasa Nasionalisme (Studi Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Malang). Skripsi. Progam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang. Pembimbing: (1) Drs. Rohmad Widodo,M.Si (2) Drs. Nurbani Yusuf, M.Si Cooperative Learning mempunyai arti belajar dalam suatu kelompok, dimana segala aktivitas dilakukan, berdiskusi, bertukar pendapat dengan teman satu kelompok dan menimbulkan adanya kerjasama.Tujuan Penelitian ini : (1) Untuk mengetahui penerapan model corperative learning dalam pembelajaran PPKn untuk membangkitkan rasa nasionalisme di MTs Muhamadiyah 1 Malang. (2) Untuk mengetahui kendala dalam penerapan model corperative learning dalam pembelajaran PPKn (3) Untuk membangkitkan rasa nasionalisme di MTs Muhamadiyah 1 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang berkaitan dengan data kualitatif, dimana berisikan adanya solusi dari suatu permasalahan yang menjadi objek dalam penelitian berdasarkan atas fakta di lapangan, dimana didalamnya terdapat analisis data dan menginterpretasikan dari hasil penelitian. Dengan analisis kualitatif sebagai model yang digunakan. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif, dimana data berasal dari hasil wawancara dengan mendatangi lokasi penelitian.Alur dalam penelitian Reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Penerapan pembelajaran PPKn dilakukan dengan membentuk kelompok, pembentukan kelompok atas inisiatif guru, guru di MTS Muhammadiyah 1 Malang juga membebaskan murid untuk membentuk kelompok sendiri. Pada pembelajaran PPKn dengan kelompok, guru di MTS Muhammadiyah 1 Malang membahas materi sesuai dengan pembelajaran PPKn, guru juga membicarakan masalah sosial yang terjadi di masyarakat. (1) Kendala dalam penerapan model corperative learning dalam pembelajaran PPKn untuk membangkitkan rasa nasionalisme di MTs Muhamadiyah 1 Malang, dimana para siswa kurang tertarik pada materi pembelajaran, sehingga banyak siswa yang tidak mau bekerjasama dalam kelompok, siswa memilih teman dalam satu kelompoknya. (2) Solusi yang diterapkan dengan strategi dengan bertujuan untuk memotivasi siswa di MTS Muhammadiyah 1 Malang.