Kepemimpinan Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Metode Learning Together (LT) pada mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP Islam Karangploso

Main Author: Karmiyani, Kunthi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/5086/1/Kepemimpinan_Siswa_dalam_Pembelajaran_Kooperatif_Metode_Learning_Together.pdf
http://eprints.umm.ac.id/5086/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan studi deskriptif pada siswa kelas VII-D SMP Islam Karangploso bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan siswa dalam pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran matematika; untuk mengetahui ketercapaian ketuntasan belajar siswa pada materi aritmetika sosial dengan metode pembelajaran Learning Together (LT). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan melakukan observasi, test dan catatan lapangan. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah jumlah dan persentase siswa yang tuntas dalam mengikuti materi aritmetika sosial dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Together (LT) dan data kepemimpinan siswa yang didapat dari hasil observasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa sebesar 71,42% dari total keseluruhan siswa telah dinyatakan tuntas dalam mengikuti materi aritmetika sosial dengan menggunakan metode Learning Together (LT), dan persentase rata-rata kepemimpinan siswa dari pertemuan pertama, kedua, ketiga dan keempat mencapai 73,95%. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tingkat kepemimpinan siswa dalam pembelajaran kooperatif metode Learning Together (LT) di kelas VII-D SMP Islam Karangploso termasuk dalam kriteria baik dan siswa kelas VII-D SMP Islam Karangploso telah tuntas dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Learning Together (LT).