PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STAD ( Student Teams Achievement Division ) TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG

Main Author: SUJATMIKO, ILHAM NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/47876/1/jiptummpp-gdl-ilhamnursu-46328-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/47876/2/jiptummpp-gdl-ilhamnursu-46328-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/47876/3/jiptummpp-gdl-ilhamnursu-46328-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/47876/4/jiptummpp-gdl-ilhamnursu-46328-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/47876/
Daftar Isi:
  • Model pembelajaran terdiri dari berbagai macam jenis termasuk salah satnya adalah model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). STAD (Student Teams Achievement Division) adalah sebuah model pembelajaran kooperatif dengan urutan sintaks memberikan pengarahan, penyusunan kelompok heterogen (4-5 orang), mendiskusikan bahan belajar berupa LKS dan modul secara kolaboratif, mengkomunikasikan hasil diskusi melalui presentasi kelompok sehingga terjadi diskusi kelas, melaksanakan kuis individual, menyusun perkembangan setiap peserta didik atau kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mendeskripsikan proses pelaksanaan;(2)Mendeskripsikan hasil pembelajaran;(3)Mengetahui penggaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) pada materipeninggalan sejarah masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia kelasVdi SD Muhammadiyah 8 DAU Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain kuasi eksperimental. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan model STAD (Student Teams Achievement Division) dipengaruhi oleh factor internal dan eksternal. (2) hasil belajar pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) pada kelas kontrol yang diketahui memiliki jumlah siswa 26 dengan jumlah nilai pretest 1248 memiliki rata-rata nilai 48 dan memiliki jumlah nilai posttest 1356 dengan rata-rata nilai 52,15. Pada kelas eksperimen memiliki jumlah siswa 25 dengan jumlah nilai pretest 1349 memiliki nilai rata-rata 53,96 dan memiliki jumlah nilai postest 1998 dengan rata-rata 79,92. (3) perbedaan hasil belajar IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) pre test didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.015 kurang dari 0.05, sehingga terdapatpengaruh signifikan antara model pembelajaran terhadap hasil belajar IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) pre test.