Daftar Isi:
  • Upaya pemerintah dalam mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu dengan berinovasi. Salah satunya dengan melakukan perubahan pada kurikulum. Kurikulum selalu mengalami perubahan hingga saat ini kurikulum 2013. Pada Standar Proses dalam kurikulum 2013 terdapat pendekatan yang berbeda dari kurikulum sebelumnya, yaitu menggunakan pendekatan tematik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di kelas atas, (2)mendeskripsikan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di kelas atas dan (3)mendeskripsikan solusi terhadap kendala yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di kelas atas SDN Mojolangu 5 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah dokumen pelaksanaan pembelajaran temati terpadu guru kelas atas yaitu guru kelas IV dan V. Sumber data yaitu guru kelas IV dan V. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Guru kelas IV dan V melaksanakan pembelajaran tematik terpadu dengan tiga kegiatan pembelajaran, yaitu perencanaan, proses pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. (2)Kendala yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV dan V yaitu dalam hal waktu, proses pembelajaran di dalam kelas, dan penilaian. (3)Solusi terhadap kendala yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran tematik yaitu guru harus pintar dalam membagi waktu, selanjutnya guru dapat melakukan diskusi dan tukar pendapat dengan guru lain, serta guru harus meningkatkan kemampuan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik dengan mengikuti pelatihan, berita atau infromasi terbaru tentang kurikulum 2013.