PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MENGGUNAKAN MEDIA ROULETTE QUESTION PADA SISWA KELAS III SDN LANDUNGSARI 01 MALANG
Main Author: | KAMILAH, FITHROTUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/47755/1/jiptummpp-gdl-fithrotulk-46483-1-pendahul-..pdf http://eprints.umm.ac.id/47755/2/jiptummpp-gdl-fithrotulk-46483-2-babi..pdf http://eprints.umm.ac.id/47755/3/jiptummpp-gdl-fithrotulk-46483-3-babii..pdf http://eprints.umm.ac.id/47755/4/jiptummpp-gdl-fithrotulk-46483-4-babiii..pdf http://eprints.umm.ac.id/47755/ |
Daftar Isi:
- Observasi awal yang ditemukan di SDN Landungsari 01 Malang, ditemukan bahwa dalam pembelajaran Matematika materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang siswa mengalami kesulitan yaitu dalam menghitung luas persegi dan persegi panjang dalam bentuk perkalian secara langsung. Hal ini dikarenakan guru dalam mengajar hanya menggunakan LKS. Dalam penggunaan media guru hanya menggunakan media kartu gambar dan alat peraga tetapi media tersebut tidak digunakan pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang.Tujuan Penelitian Tindakan Kelas yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang menggunakan media Roulette Question pada siswa kelas III SDN Landungsari 1 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai sumber data dipilih siswa kelas III SDN Landungsari 01 Malang yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswi perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2016 dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa dengan meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang menggunakan media Roulette Question pada siswa kelas III SDN Landungsari 01 Malang didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 59,09% dan nilai rata-rata 67,7. Dengan perbaikan-perbaikan kekurangan pada siklus I, hasil belajar klasikal meningkat. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal mencapai 90,90% dan nilai rata-rata mencapai 82,27. Halini berarti dari siklus I ke siklus II ada peningkatan pada ketuntasan belajar kalsikal sebesar 31,81% dan pada nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 14,57 point.