PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAKNA DALAM MENINGKATKAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS
Main Author: | Kumala Sari, Wilda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/47719/1/skripsi%20psikologi%20wilda%20kumala%20sari%20201410230311101.pdf http://eprints.umm.ac.id/47719/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya kualitas pendidikan Indonesia saat ini salah satunya ditandai dengan tingkat berpikir kritis peserta didik yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran bermakna dalam meningkatkan disposisi berpikir kritis. Model pembelajaran bermakna ini adalah salah satu model pembelajaran yang menempatkan peserta didik untuk mengkaitkan ilmu pengetahuan baru diperoleh dengan pengetahuan awal siswa. Prosesnya terdiri 3 sesi yakni open work, collaborative work dan concept mapping. Subjek penelitian ini adalah 50 mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang yang memiliki skor disposisi berpikir kritis dalam kategori sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan eksperimen quasi dengan desain nonrandomized pretest-posttest control group. Analisis statistik menggunakan independent-sample t-test menunjukkan hasil nilai p-value sebesar 0,008 (p<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran bermakna dalam meningkatkan disposisi berpikir kritis mahasiswa. Kata Kunci: Disposisi berpikir kritis, model pembelajaran bermakna, mahasiswa Low level of the present students’ critical thinking is one of characters of low education’s quality in Indonesia. This study aims to find the effect of meaningful learning in increasing critical thinking disposition. This meaningful learning model is one of the learning models that places the students to link the newest acquired knowledge with their initial knowledge. This model involves 3 sessions namely open-work, collaborative work and concept mapping. The subjects of this study are 50 students of University of Muhammadiyah Malang who had medium and low critical thinking disposition score categories. This study used quasi-experiment with non-randomized pretest-posttest control group design. Statistical analysis using independent-sample t-test showed the results of the p-value; 0.008 (p <0.05). This finding concludes that this study indicates significant influence of the meaningful learning model in improving students’ critical thinking disposition. Keywords: critical thinking disposition, meaningful learning, students