PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS 01 SD MUHAMMADIYAH 17 KECAMATAN TEGALDLIMO KABUPATEN BANYUWANGI

Main Author: SULAIM, UMMU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/47611/1/jiptummpp-gdl-ummusulaim-46489-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/47611/2/jiptummpp-gdl-ummusulaim-46489-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/47611/3/jiptummpp-gdl-ummusulaim-46489-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/47611/4/jiptummpp-gdl-ummusulaim-46489-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/47611/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika pada siswa kelas 01 SD Muhammadiyah 17 Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Rendahnya hasil belajar Matematika dipengaruhi oleh perilaku guru yang kurang tepat dalam memilih metode pembelajaran dan tidak adanya media konkrit. Guru hanya menggunakan metode ceramah selama pembelajaran dan cara yang diajarkan hanya menggunakan cara bersusun, sehingga hal ini membuat siswa merasa bosan dan mengalami kebingungan. Selain itu rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena siswa banyak yang mengandalkan bantuan sempoa dan menggunakan jari-jarinya sehingga hasilnya masih kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses penerapan metode jarimatika terhadap peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas 01 SD Muhammadiyah 17 Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi khususnya materi penjumlahan dan pengurangan. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kolaboratif yang melibatkan dari beberapa pihak yakni kepala sekolah, peneliti sebagai guru model, guru kelas 01 SD Muhammadiyah 17 yang bertujuan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil dari suatu pembelajaran. Penelitian ini sendiri dirancang dalam bentuk siklus untuk mencapai suatu taraf keberhasilan dari tindakan yang sudah ditentukan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian Penelitian Tindakan Kelas adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini yakni siswa kelas 01 SD Muhammadiyah 17 Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi yang berjumlah 24 siswa. Analisis data dalam penelitian ini yakni, analisis kuantitatif menggunakan ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal, analisis kualitatif melalui 3 tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, penerapan metode jarimatika meningkatkan kemampuan berhitng siswa dengan cepat dan tepat dalam melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan puluhan dan satuan. Hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar siswa61,66 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 66,66%.Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 92,17 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 91,30%. Sehingga sudah mencapai ketuntasan klasikal yang digunakan yaitu ≥75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 01 SD Muhammadiyah 17 Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.