Daftar Isi:
  • Pada kenyataan yang ada masih banyak kendala yang dihadapi oleh guru pendamping khusus di sekolah inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui : 1) pelaksanaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus, 2) kendala guru pendamping khusus pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus, dan 3) Upaya dalam menghadapi kendala pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif SDN Bunul Rejo 03 Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebagai sumber data dipilih kepala sekolah dan guru pendamping khusus di SDN Bunul Rejo 03 Malang. Penelitian ini dilakukan pada bulan februari sampai dengan bulan maret dalam waktu kurang lebih selama dua minggu. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) guru pendamping khusus menggunakan kurikulum modifikasi dan kurikulum omisi. 2) guru pendamping khusus mengalami kendala dalam pembuatan program pembelajaran individual mengasesmen anak, pembuatan media dan metode pembelajaran. Upaya yang dilakukan yaitu : 1) memberdayakan semua guru, 2) mengirim guru untuk mengikuti pelatihan, 3) melakukan koordinasi dengan guru kelas serta orang tua anak berkebutuhan khusus.