ANALISIS MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN ENERGI SISWA KELAS V SDN NGENEP 02 KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG
Main Author: | YUSUF, MOCHAMMAD ALDY NAZARUDIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/47586/1/jiptummpp-gdl-mochammada-46616-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/47586/2/jiptummpp-gdl-mochammada-46616-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/47586/3/jiptummpp-gdl-mochammada-46616-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/47586/4/jiptummpp-gdl-mochammada-46616-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/47586/ |
Daftar Isi:
- Media dalam pembelajaran mempunyai pengaruh yang penting pada hasil pembelajaran, diharapkan dengan menggunakan media yang baik dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media pembelajaran sebagai sumber belajar yang meliputi : (1) Mengetahui manfaat dan penggunaan media belajar siswa materi perubahan energi kelas V SDN Ngenep 02 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan (2) Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penggunaan media belajar siswa pada pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA) materi perubahan energi kelas V SDN Ngenep 2 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah guru kelas 5 dan media pembelajaran IPA materi perubahan energi di SDN Ngenep 2 karangploso Kabupaten Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 juli 2016, dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan media pembelajaran sebagai sumber belajar IPA materi perubahan energi siswa kelas 5 SDN Ngenep 2 karangploso sangat efektif dan efisien. Selain melalui buku paket dan lembar kerja siswa, guru menggunakan media belajar yang diharapkan dengan adanya media siswa akan dihadapkan secara nyata dengan permasalahan atau dengan pembelajaran di sekitar sehingga hasil belajar siswa akan lebih bermakna dan berguna untuk kedepannya nanti. (2) Kekurangan dan Kelebihan dari pemanfaatan media pembelajaran IPA dari segi kekurangan yaitu media pembelajaran yang belum memenuhi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, dan kalaupun sudah tersedia medianya selanjutnya adalah siswa yang kesulitan dalam menggunakan media tersebut selanjutnya adalah kelebihan dari penggunaan media belajar IPA materi perubahan energi adalah dengan adanya media belajar kondisi belajar siswa menjadi lebih kondusif dan menarik sehingga siswa menjadi lebih fokus dengan pembelajaran, selanjutnya siswa menjadi lebih antusias mengikuti proses pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan.