PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 05 BATU
Main Author: | LAILI, RIMA MACHFIROTUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/47579/1/jiptummpp-gdl-rimamachfi-46611-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/47579/2/jiptummpp-gdl-rimamachfi-46611-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/47579/3/jiptummpp-gdl-rimamachfi-46611-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/47579/4/jiptummpp-gdl-rimamachfi-46611-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/47579/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di kelas III SD Muhammadiyah 05 Batu, ditemukan fakta bahwa pembelajaran fokus pada guru (Teacher center), kurangnya aktif siswa dalam pembelajaran dan penguasaan siswa terhadap pembelajaran kurang dilihat dari hasil belajar siswa yang kurang dari KKM. Hal ini disebabkan kurangnya metode pembelajaran yang digunakan guru, salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan metode Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan model Teams Games Tournament (TGT) 2) peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah 05 Batu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang di lakukan dengan 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah 05 Batu sebanyak 17 siswa. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Hasil tindakan pada siklus I, hasil belajar individu 53% tuntas sebanyak 9 siswa dan 47% tidak tuntas sebanyak 8 siswa. Hasil belajar individu pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82% tuntas sebanyak 14 siswa dan 18% tidak tuntas sebanyak 3 siswa. Hasil penelitian ini terbukti bahwa penggunaan Teams Games Tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar.