PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRA’ATI DI TPQ HIDAYATUL MUBTADI’IN DESA NGANTRU KECAMATAN NGANTANG KABUPATEN MALANG
Main Author: | DARMAWATY, DARMAWATY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/4739/1/PEMBELAJARAN_MEMBACA_ALQUR.pdf http://eprints.umm.ac.id/4739/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penemuan tentang metode pembelajaran membaca alQur’an yang diterapkan pada Tamantaman Pendidikan AlQur’an di Indonesia, diantara metode pembelajaran membaca alQur’an adalah Iqra’, AlBarqi, Tombak Paku Alam, Sas, Libat, Lubah, dan lainlain. Dari semua metode pembelajaran alQur’an di atas memiliki kekurangan, yaitu santri mampu membaca alQur’an dengan lancar tetapi tanpa tartil dan kaidah tajwid yang benar. Qira’ati adalah salah satu metode pembelajaran membaca alQur’an yang kehadirannya bertujuan untuk menyebarkan ilmu baca alQur’an yang benar sesuai dengan kaidah tajwid. Dan, Taman Pendidikan AlQur’an Hidayatul Mubtadi’in adalah salah satu Taman Pendidikan AlQur’an yang menerapkan metode Qira’ati. Ratarata santri lulusan dari TPQ ini sudah bisa menguasai kaidah tajwid yang benar, makhrijul huruf, membaca dengan tartil, dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk khatam dan beralih pada alQur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan yang mendasari TPQ Hidayatul Mubtadi’in memilih metode Qira’ati dalam pembelajaran membaca alQur’an pada santri santrinya, untuk mengetahui penerapan pembelajaran membaca alQur’an dengan metode Qira’ati di TPQ Hidayatul Mubtadi’in, untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran membaca alQur’an dengan metode Qira’ati di TPQ Hidayatul Mubtadi’in, dan untuk mengetahui faktorfaktor yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran membaca al Qur’an dengan metode Qira’ati di TPQ Hidayatul Mubtadi’in. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari Bukubuku kepustakaan, dokumentasi, responden: kepala TPQ, asatidz dan santri TPQ Hidayatul Mubtadi’in. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan cara berfikir induktif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa salah satu alasan yang mendasari dipilihnya Metode Qira’ati dalam pembelajaran membaca alQur’an di TPQ Hidayatul Mubtadi’in adalah sejak awal santri sudah diperkenalkan pada bunyi hurufhuruf hijaiyyah yang sudah berharakat (tanda baca), pemberian materi secara bertahap dan berkesinambungan, dan berdasarkan pada kesiapan dan kemampuan santri sendiri. Pembelajaran membaca alQur’an dengan Metode Qira’ati meliputi: tahap prainstruksional (membuka pelajaran dan pengkondisian kelas), tahap instruksional (kegiatan inti), dan tahap postinstruksional (menutup pelajaran). Hasil penerapan pembelajaran membaca alQur’an dengan metode Qira’ati terlihat ratarata santri dapat mengkhatamkan Qira’ati dari jilid 1 sampai jilid 6 dalam waktu 5 bulan dengan menguasai kaidah tajwid dan ilmu ghorib. Adapun, faktorfaktor yang menjadi penghambat adalah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran suasana kelas sangat ramai, kurangnya penguasaan materi pelajaran oleh santri yang berada pada jilid 1, 2 dan 5, kurangnya kompetensi ustadz/ustadzah, pendistribusian buku Qira’ati kurang lancar. Adapun factorfaktor yang menjadi pendukung adalah santri yang ramai diberi tugas untuk membaca dan menulis kalimat dalam buku Qira’ati,santri yang kurang menguasai materi diberi latihan membaca secara berulangulang (system drill), ustadz/ustadzah diberi pembinaan untuk meningkatkan kompetensi dalam mengajar, memberikan kebijakan pada santri yang belum memiliki buku Qira’ati berupa peminjaman buku.