PENGEMBANGAN MEDIA TAKCI (KOTAK CITA-CITA) TEMA 7 ”CITA-CITAKU” KELAS IV SDN MOJOLANGU 5 MALANG
Main Author: | SARI, ANGGIE RISKA MARLA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/47371/1/jiptummpp-gdl-anggierisk-45366-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/47371/2/jiptummpp-gdl-anggierisk-45366-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/47371/3/jiptummpp-gdl-anggierisk-45366-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/47371/4/jiptummpp-gdl-anggierisk-45366-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/47371/ |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran merupakan bagian dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Kurangnya ketersediaan media kelas IV Sekolah Dasar menjadi kendala dalam tercapainya tujuan pembelajaran tematik dan keaktifan siswa. Guru belum pernah membuat dan mengembangkan media pembelajaran tematik, sehingga media yang digunakan guru masih berbasis satuan mata pelajaran. Media pembelajaran dapat membantu mengatasi kesulitan peserta didik dalam memahami materi. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan edukatif, akan mempermudah proses pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media TAKCI, penerapan media dalam pembelajaran tema 7 dan keefektifannya dalam pembelajaran tematik tema 7 cita-citaku kelas IV SD. Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan media pembelajaran dan menghasilkan produk berupa media TAKCI (Kotak Cita-Cita) yang digunakan pada pembelajaran tematik tema cita-citaku kelas IV SD, dengan harapan media pembelajaran dapat digunakan secara efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development yaitu metode penelitian dan pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan dan menguji keefektifan produk. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli materi pembelajaran tematik serta diuji cobakan pada peserta didik dan diberi tanggapan oleh guru sebagai pengamat. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) pengembangan media TAKCI (Kotak Cita-Cita) yang dilakukan di SDN Mojolangu 5 Malang untuk kelas IV dilihat dari 9 langkah yang telah peneliti lakukan dapat dikategorikan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran, (2) Penerapan media TAKCI (Kotak Cita-Cita) yang dilakukan di SDN Mojolangu 5 Malang meliputi kelompok kecil dan kelompok besar. Untuk kelompok kecil penerapan media yang dilakukan sangat layak atau valid karena mendapatkan respons positif dengan persentase 88,8%. Sedangkan untuk kelompok besar juga mendapatkan respons yang sangat positif dengan nilai persentase 92,1%, dan (3) Keefektivitasan pengembangan media TAKCI (Kotak Cita-Cita) ini termasuk dalam kategori baik atau layak dengan persentase nilai yang mencapai 76,9% oleh ahli media, 88,4% oleh ahli materi, dan 95,81% oleh ahli pembelajaran tematik Sekolah Dasar.