PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN BAHAYA MEROKOK PADA SISWA SMP
Main Authors: | Mashfufa, Erma Wahyu, Fathoni, Gusmery |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kepanjen Malang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/47238/18/Peer%20Review%20-%20Mashfufa%20-%20Model%20cooperative%20learning%20tipe%20talking%20stick%20pengetahuan.pdf http://eprints.umm.ac.id/47238/19/Similarity%20-%20Mashfufa%20Fathoni%20-%20Model%20cooperative%20learning%20tipe%20talking%20stick%20pengetahuan.pdf http://eprints.umm.ac.id/47238/20/Mashfufa%20Fathoni%20-%20Model%20cooperative%20learning%20tipe%20talking%20stick%20pengetahuan.pdf http://eprints.umm.ac.id/47238/ http://ejournal.stikeskepanjen-pemkabmalang.ac.id/index.php/mesencephalon/article/view/90 |
Daftar Isi:
- Pendidikan kesehatan menjadi peran penting sebagai terapi preventif khususnya pada remaja tentang bahaya merokok. Menggunakan model cooperative tipe talking stick diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan bahaya merokok. Model cooperative lerning tipe talking stick merupakan strategi belajar dengan melibatkan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil, dalam penyelesaian tugas kelompoknya setiap siswa anggota kelompok harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cooperative learning tipe talking stick terhadap peningkatan pengetahuan bahaya merokok pada siswa SMP. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan one group pre-tes dan post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang merokok sebanyak 43 siswa diambil dengan metode total sampling, dan analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil Uji Wilcoxon dengan program SPSS, diperoleh nilai variabel pengetahuan, nilai probabilitas = 0,000 dan nilai α= 0,05 sehingga nilai p<α dan nilai sig. (0,000) < 0,05 dapat ditarik kesimpulan ada pengaruh model cooperative learning tipe talking stick terhadap peningkatan pengetahuan siswa SMP.