PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS IV DI SDN GADANG I MALANG
Main Author: | FITRIYANI, EVA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/47232/1/jiptummpp-gdl-evafitriya-45619-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/47232/2/jiptummpp-gdl-evafitriya-45619-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/47232/3/jiptummpp-gdl-evafitriya-45619-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/47232/4/jiptummpp-gdl-evafitriya-45619-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/47232/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diawali berupa hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa pembelajaran pada kelas IV di SDN Gadang I Malang sudah menerapkan pembelajaran tematik kurikulum 2013, tetapi kegiatan pembelajaran tematik yang dilakukan belum maksimal. Guru dalam kegiatan pembelajaran sudah menerapkan empat metode yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan. Pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru serta suasana belajar di dalam kelas juga kurang kondusif. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Cooperative Reading and Composition (CIRC). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Gadang I Malang dengan 39 siswa. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Gadang I Malang. Terdapat peningkatan aktivitas keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa dan hasil belajar siswa antara siklus I dan siklus.Berdasarkan observasi keterlaksanaan pembelajaran aktivitas guru pada siklus I mencapai 87,5% dan siklus II mengalami peningkatan mencapai 92%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh presentase 67,66% dengan 26 siswa tuntas. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase 84,61% dengan 33 siswa tuntas.