PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SDN MOJOLANGU 1 MALANG
Main Author: | SAPUTRA, INDRA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/47195/1/jiptummpp-gdl-indrasaput-43631-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/47195/2/jiptummpp-gdl-indrasaput-43631-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/47195/3/jiptummpp-gdl-indrasaput-43631-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/47195/4/jiptummpp-gdl-indrasaput-43631-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/47195/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik, nilai belajar siswa dalam pembelajaran tematik masih rendah, sehingga perlu adanya peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) penerapan model problem based learning dalam pembelajaran tematik dikelas SDN Mojolangu 1 Malang dan (2) mengetahui hasil belajar siswa dengan model problem based learning di kelas IV SDN Mojolangu 1 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif kuantitatif dan jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas IV SDN Mojolangu 1 Malang Tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2016 dalam dua tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap pra tindakan dilakukan dengan pengambilan data dengan cara wawancara kepada guru kelas, sedangkan tahap tindakan di lakukan oleh peneliti dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas IV SDN Mojolangu 1 Malang di katakan meningkat. Hal ini di tunjukan dengan nilai tes siswa pada siklus 1 sebesar 52,37% dan siklus 2 sebesar 99,94