PENGARUH POLA ASUH TERHADAP KECERDASAN SOSIAL ANAK PANTI ASUHAN DI SD MUHAMMADIYAH 5 MALANG
Main Author: | WARDHANI, ANDHIKA DWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/47144/1/jiptummpp-gdl-andhikadwi-43628-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/47144/2/jiptummpp-gdl-andhikadwi-43628-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/47144/3/jiptummpp-gdl-andhikadwi-43628-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/47144/4/jiptummpp-gdl-andhikadwi-43628-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/47144/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji pengaruh pola asuh terhadap kecerdasan sosial anak panti asuhan di SD Muhammadiyah 5 Malang. Latar belakang yang mendasari penelitian ini ialah kecenderungan perilaku sosial siswa dari panti asuhan yang kurang dapat menempatkan dirinya sesuai dengan situasi yang ada. Terdapat indikasi permasalahan pada perkembangan sosial siswa panti asuhan di sekolah. Salah satu faktor yang memiliki peranan penting pada perkembangan ialah pola pengasuhan. Tujuan penelitian ialah: (1) mengetahui dan mendeskripsikan pola asuh yang diterapkan oleh pengasuh di Panti Asuhan Muhammadiyah Malang, (2) mengetahui adanya pengaruh dari pola asuh yang diterapkan terhadap kecerdasan sosial anak panti asuhan di SD Muhammadiyah 5 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian dekriptif kualitatif dengan jenis metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam waktu satu minggu. Sumber data pada penelitian ini ialah subjek, wali kelas subjek, pengurus dan pengasuh panti asuhan, dan kepala sekolah. Subjek ialah siswa dari panti asuhan yang berjumlah 8 orang. Hasil penelitian yang didapatkan ialah: (1) diketahui bahwa pengasuhan yang diberikan pada anak asuh di panti asuhan ialah otoriter dan otoritatif. (2) pola asuh tersebut secara tidak langsung mempengaruhi kecerdasan sosial anak tersebut.