PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEGUNAAN BENDA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MI'RAJUL ULUM PAMEKASAN
Main Author: | SHALIHIEN, MUKHLIS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/47072/1/jiptummpp-gdl-mukhlissha-53960-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/47072/2/jiptummpp-gdl-mukhlissha-53960-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/47072/3/jiptummpp-gdl-mukhlissha-53960-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/47072/4/jiptummpp-gdl-mukhlissha-53960-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/47072/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya semangat belajar siswa terutama untuk pelajaran yang mereka sukai akan tetapi media yang diberikan kurang menarik dan hampir tidak peernah menggunakan media. Sehingga dalam proses belajar mengajar banyak siswa yang mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Pada penelitian kali ini, guru model akan mengambil hasil dari sebuah penelitian menggunakan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran IPA kelas III materi tentang “kegunaan benda”. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), Sumber data mengambil dari siswa kelas III dalam pelajaran IPA di Madrasah Ibtida’yah Mi’rajul ulum Pamekasan. Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu kualitas) proses pembelajaran di kelasnya melalui suatu tindakan (treatment) tertentu dalam suatu siklus. Pelaksanaan pengambilan data Tes hasil belajar ini diberikan pada siswa pada pembelajaran IPA kelas III sebanyak 2 (dua) siklus. Siklus 1 dilaksanakan tanggal 18 - 20 Desember 2014, dan siklus 2 dilaksanakan pada tanggal 25-27 Desember 2015. Dengan hasil persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 71.45% dan hasil persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II sebesar 93.58%,dengan selisih persentase kenaikan sebesar 22.13%. Maka siswa dinyatakan tuntas belajar keseluruhan secara klasikal yang sudah di tentukan oleh sekolah sebesar75% dengan hasil akhir pada siklus II sebesar 93.58%.