PERUMUSAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA PERUSAHAAN MEBEL MD. JAYA MALANG
Main Author: | CAHYONO, DWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/4631/1/PERUMUSAN%20STRATEGI%20BAURAN%20PEMASARAN%20PADA%20PERUSAHAAN%20MEBEL%20MD.%20JAYA%20MALANG.pdf http://eprints.umm.ac.id/4631/ |
Daftar Isi:
- Penelitian yang dilakukan bersifat studi kasus yaitu meneliti kasus yang ada pada perusahaan kemudian berusaha untuk memecahkannya dengan teori yang ada guna membantu perusahaan dalam memecahkan masalah tersebut. Adapun judul penelitian ini adalah “Perumusan Strategi Bauran Pemasaran Pada Perusahaan Mebel MD. Jaya Malang”. Tujuan penelitian ini untuk merumuskan strategi bauran pemasaran yang sesuai pada perusahaan mebel CV. MD. Jaya Malang. Kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi perusahaan yaitu dapat dijadikan masukan atau informasi bagi pemimpin perusahaan dalam mengambil keputusan yang berkenan dengan masalah yang dihadapi perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil analisis lingkungan eksternal dapat diketahui hal-hal yang menjadi peluang perusahaan yaitu meliputi penurunan tingkat inflasi, peningkatan pendapatan per kapita masyarakat, adanya pertumbuhan ekonomi yang meningkat, adanya pembinaan dan pengembangan dari pemerintah daerah yaitu berupa penyuluhan dari pemerintah khususnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang, adanya Perpu No 41/1999 yang mengatur dalam pelaksanaan penegakkan hukum para penebang liar itu di lapangan dapat dilaksanakan dengan tepat dan cepat, adanya peningkatan jumlah penduduk dan perkembangan teknologi sehingga mampu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi usahanya. Adapun yang menjadi ancaman (threats) pada CV. MD. Jaya Malang yaitu mengenai pesaing baik dari perusahaan mebel lokal juga mendapatkan dari perusahaan mebel besar di Inonesia yaitu Olympic dan Ligna. Hasil analisis lingkungan internal dapat diketahui yang menjadi kekuatan perusahaan yaitu yang berkaitan dengan produk, yang meliputi merk produk, kualitas produk, pelayanan dan adanya kerjasama dengan Pemkot Malang yaitu dengan melakukan kerjasama pengadaan peralatan atau inventaris untuk Sekolah Dasar di Kota Malang. Pada variabel harga yang menjadi kekuatan perusahaan yaitu meliputi adanya discount/ potongan harga, harga jual produk dan sistem penjualan kredit. Adapun mengenai variabel promosi dapat diketahui bahwa dengan mengikuti pameran-pameran hasil industri kecil permebelan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Malang merupakan unsur kekuatan perusahaan. Sedangkan yang merupakan kelemahan perusahaan yaitu mengenai saluran distribusi yang digunakan baik mengenai sistem saluran distribusi maupun sarana transportasi yang digunakan dan kegiatan periklanan yang dilakukan. Alternatif strategi yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan strategi perluasan atau pengembangan pasar. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini yaitu dalam rangka untuk mendukung strategi perluasan atau pengembangan pasar yang akan dilakukan diharapkan perusahaan memperhatikan mengenai saluran distribusi yang digunakan selama ini. Diharapkan perusahaan untuk mengantisipasi atau menghadapi persaingan yang terjadi maka diharapkan perusahaan untuk menggunakan segala bentuk kekuatan yang dimiliki yang berkaitan dengan strategi bauran pemasaran.