PENERAPAN POLA KOMUNIKASI PERSUASIF GURU BK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi pada Siswa yang bermasalah Tingkat X Program Keahlian Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 3 Malang)

Main Author: Alhamdila, Wina Kantatantya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/46175/1/jiptummpp-gdl-winakantat-46545-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/46175/2/jiptummpp-gdl-winakantat-46545-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/46175/3/jiptummpp-gdl-winakantat-46545-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/46175/4/jiptummpp-gdl-winakantat-46545-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/46175/
Daftar Isi:
  • Penerapan komunikasi persuasif guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar sangatlah penting khususnya pada siswa yang bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pola komunikasi persuasif guru BK dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru BK SMK Negeri 3 Malang dan siswa yang bermasalah tingkat X program Keahlian Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 3 Malang. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan pola komunikasi persuasif guru BK dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa oleh guru BK adalah dengan menggunakan model Aristoteles dan Berlo. Model Aristoteles diterapkan guru sebagai pembicara menyampaikan pesan dengan setting kepada siswa selaku pendengar. Sedangkan Teori Komunikasi Berlo Guru BK selaku sumber dengan skill, kepribadian, pengetahuan, sistem sosial budaya memberikan pesan melalui hubungan atau saluran baik indra berupa media, atau media komunikasi yang selanjutnya diterima oleh siswa.