POLA INTERAKSI PENDENGAR DENGAN STASIUN RADIO KOMUNITAS (Studi pada Pendengar Radio 93,4 Utama Mega Media FM Universitas Muhammadiyah Malang)

Main Author: Shofiyah, Asri Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/46004/1/jiptummpp-gdl-asrinursho-46600-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/46004/2/jiptummpp-gdl-asrinursho-46600-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/46004/3/jiptummpp-gdl-asrinursho-46600-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/46004/4/jiptummpp-gdl-asrinursho-46600-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/46004/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah Radio 93,4 UMMfm merupakan radio komunitas yang berada di lingkungan kampus Universitas Muhammadiyah Malang. Selain itu, Radio 93,4 UMMfm juga memiliki status sebagai UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang berperan sebagai organisasi untuk mewadahi minat dan bakat para mahasiswa dalam bidang broadcasting dan penyiaran. Selama 25 tahun, Radio 93,4 UMMfm selalu setia menemani pendengarnya, baik melalui program-program siaran On Air, via Social Media, maupun Event yang diadakan oleh Radio 93,4 UMMfm. Dari hasil pra-survey 100 mahasiswa, sebanyak 83 mahasiswa mengetahui Radio 93,4 UMMfm. Radio 93,4 UMMfm memiliki berbagai macam pendengar dengan jenis pola interaksi yang beragam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola interaksi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dengan Radio 93,4 UMMfm. Salah satu cara bahwa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang telah memanfaatkan media Radio 93,4 UMMfm sebagai media penyiaran di kampus, baik sebagai media informasi maupun sebagai hiburan adalah dengan mengetahui pola interaksinya terhadap radio kampus tersebut. Menurut Krout (dalam buku Santoso, 2010:198)bentuk interaksi sosial manusia diantaranya terdapat 7 bentuk, yaitu Communalism, Parasitism, Mutualism, Sociality, Persaingan, Konflik, dan Kontravensi. Dari ke-7 bentuk interaksi tersebut, pendengar Radio 93,4 UMMfm termasuk ke dalam bentuk interaksi yang mana dengan menyesuaikan pendekatan Teori Keseimbangan Kognitif oleh Heider 1960 & Newcomb 1953. Guna mengetahui setiap pola interaksi pendengar Radio93,4 UMMfm, maka peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data wawancara dan data dokumentasi. Subyek penelitian ditentukan menggunakan Teknik Quota Sampling dengan analisis data model Interaktif dari Miles and Hubberman. Sehingga menghasilkan uraian mengenai pola interaksi yang dilakukan oleh pendengar Radio 93,4 UMMfm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi pendengar Radio 93,4 UMMfm termasuk ke dalam bentukCommunalism, Mutualism, dan Sociality dari 7 bentuk interaksi yang ada, dengan bentuk Sociality adalah bentuk yang sering dialami dan telah terjadi pada ke-32 subyek penelitian. Pola interaksi pendengar dilakukan tidak hanya melalui siaran On Air, tetapi juga melalui akun Social Media, Studio Radio UMMfm, dan Event Radio UMMfm. Baik itu hanya mendengarkan siaran, membaca informasi melalui akun Social Medianya, Live Studio On Air maupun Live Streaming. Interaksi yang lebih jauh lagi dengan bentuk Mutualism dilakukan oleh pendengar Radio 93,4 UMMfm berupa kerjasama dengan pihak Radio 93,4 UMMfm sebagai media promosi dan sebagai wadah pembelajaran untuk mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya dibidang broadcasting dan penyiaran. Seperti siaran bersama dengan Crew Radio 93,4 UMMfm di program siaran Open Air. Media promosi disebut juga sebagai media partner dalam setiap event yang diadakan oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Malang, baik didalam maupun diluar kampus. Sedangkan bentuk interaksi Sociality yang lebih jauh lagi yaitu berupa mem-follow akun BBM, Instagram, dan Twitter Radio 93,4 UMMfm.