REPRESENTASI LAKI-LAKI SUKSES PADA IKLAN ROKOK DI TELEVISI (Analisis Semiotik Pada Iklan Rokok Dunhill Versi “Make It Your Journey”)
Main Author: | TAWAKAL, IMAM |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/45886/1/jiptummpp-gdl-imamtawaka-45303-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/45886/2/jiptummpp-gdl-imamtawaka-45303-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/45886/3/jiptummpp-gdl-imamtawaka-45303-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/45886/4/jiptummpp-gdl-imamtawaka-45303-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/45886/ |
Daftar Isi:
- Kemajuan teknologi akan mempengaruhi cara beriklan produsen dalam usaha mempromosikan produknya. Kini industri periklanan pun menjadi semakin kreatif, inovatif, dan selektif. Sesuai dengan fungsinya industri periklanan ini tentunya selalu mengikuti perkembangan jaman dan teknologi. Hal ini dikarenakan fungsi periklanan pada dasarnya adalah mempromosikan dan menjual produk atau jasa sebuah perusahaan kepada target konsumen yang ingin dituju, sehingga industri periklanan harus mengetahui cara-cara beriklan dan media-media yang dapat digunakan untuk beriklan agar sesuai dengan keadaan target konsumen yang akan dituju. Target konsumen yang dituju akan menentukan jenis penggunaan teknologi untuk beriklan agar efektif dan efisien. Iklan rokok yang menunjukan keunikan tersendiri adalah Dunhill Versi “Make It Your Journey”,saat pertama muncul iklan Dunhill Versi “Make It Your Journey”, image yang membuat konsumen memberikan tanda tanya besar tentang keberanian seorang laki-laki mengambil sebuah keputusan penting padahal laki-laki dalam iklan ini sudah memiliki posisi yang sangat startegis di pekerjaan nya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian interpretatif dengan metode Semiotik dan teori Ferdinand De Saussure sebagai pisau analisis. Ruang lingkup penelitian ini terdiri atas seluruh bentuk gambar dan bahasa yang merepresentasikan. Unit analisa pada penelitian ini adalah tanda-tanda yang ada dalam dalam Iklan Dunhill Versi “Make It Your Journey”. Berdasarkan hasil pengolahan data bahwa dalam proses penyampaian pesan iklan rokok dunhil versy “make it your journey” ini terdapat beberapa symbol (tanda atau pertanda) yang sepintas tidak bisa difahami oleh konsumen. Bentuk tanda yang dipersuasifkan kepada konsumen adalah menariknya konsep iklan yang menunjukkan orang-orang sukses dengan medium up sebagai talent dalam iklan ini. Peneliti juga menemukan bahwa terdapat ajakan secara tidak langsung untuk mengkonsumsi rokok dalam iklan ini dengan menunjukkan produk rokok di akhir iklan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, dalam hal ini diketahui pula bahwa suatu kreatif iklan dapat membuat suatu iklan lolos dari peraturan-peraturan yang berlaku dengan tetap dapat menyampaikan pesannya secara utuh. Sesuai dengan Peraturan pemerintah nomor 81 tahun 1999 tentang pengamanan rokok bagi kesehatan, dan UUD nomor 23 tahun 2000 tentang penyiaran, yang mempersempit ruang lingkup promosi dari iklan rokok Selain itu dikemukakan juga bahwa tayangan iklan rokok di televisi cenderung menampilkan cerita positif dibalik dengan rokok yang sejatinya negatif. Dengan peraturan yang ketat terkait iklan rokok yakni berhubungan dengan waktu tayang, adegan merokok, industry iklan rokok kemudian terus melakukan inovasi dengan menggunakan symbol-symbol tertentu agar pesan masih bisa tersampaikan kepada konsumen. Setelah selesai melakukan analisis semiotika dari makna yang di sampaikan dalam tayangan iklan Dunhill Versi “Make It Your Journey” penulis menyarankan agar Dunhil Mild tidak berhenti sampai disitu saja dalam memperkaya makna dalam setiap pembauatan iklan selanjutnya dengan fokus membangun semnagat dan kreatifitas agar menjadi inspirasi bagi banyak orang.