PENDAPAT MAHASISWA MENGENAI PROGRAM TAYANGAN KOMEDI INDONESIA LAWAK KLUB (ILK) DI TRANS 7 (Studi pada Mahasiswa Komunikasi Angkatan 2011 Universitas Muhammadiyah Malang)
Main Author: | Husen, Sadam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/45884/1/jiptummpp-gdl-sadamhusen-45323-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/45884/2/jiptummpp-gdl-sadamhusen-45323-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/45884/3/jiptummpp-gdl-sadamhusen-45323-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/45884/4/jiptummpp-gdl-sadamhusen-45323-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/45884/ |
Daftar Isi:
- Indonesia Lawak Klub (ILK) merupakan program tayangan komedi yang dikemas secara interaktif dan apik untuk memberikan hiburan. Program tayangan Indonesia Lawak Klub tayang hari senin dan selasa pukul 21.30 WIB. Dengan durasi dua jam serta Denny Chandra yang menjadi moderator akan mengundang 8-10 orang pelawak atau entertainer yang dikenal di Indonesia. ILK selalu menghadirkan narasumber komedian yang dianggap lucu bagi para penonton. Indonesia Lawak Klub (ILK) juga ialah sebuah program tayangan komedi lawak-lawakan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pendapat mahasiswa mengenai program tayangan komedi Indonesia Lawak klub di TRANS 7. Pendekatan teori yang digunakan untuk melakukan analisis terhadap pendapat mahasiswa mengenai tayangan komedi Indonesia Lawak Klub (ILK) yaitu menggunakan uses and gratification, dimana tahap analisis data yang dilakukan yaitu, pertama adalah membuat transkrip dari keseluruhan hasil wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, menganalisis isi keseluruhan dari hasil wawancara dan dokumentasi tersebut yaitu dengan membandingkan persamaan pandangan subyek penelitian, perbedaan pendapat, pengalaman yang berbeda atau ide-ide inovatif sebagai masukan atau saran dari audience.Sedangkan metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif dapat diketahui bahwa Indonesia Lawak Klub” di Trans7 memberikan hiburan yang mendidik sehingga selain hiburan dan edukasi bagi pemirsa. Subyek memiliki tokoh yang menjadi favoritnya sehingga menjadi dorongan untuk tetap menonton acara tersebut yang menjadikan tokoh-tokoh tersebut dapat memegang peran agar acara tersebut dapat terus disukai oleh penonton atau pemirsanya. Subyek selalu memberikan penilaian mengenai tokoh-tokoh yang terdapat pada acara Program televisi “Indonesia Lawak Klub” di Trans7. Penilaian tersebut dapat memberikan gambaran mengenai acara ini dapat diterima dengan baik oleh subyek sehingga selalu berupaya untuk mengikuti setiap episodenya. Topik dalam acara “Indonesia Lawak Klub” di Trans7, dimana pada acara tersebut selalu menampilkan acara yang menarik sehingga acara tersebut benar-benar memberikan daya tarik informasi untuk tetap menonton atau mengikuti acara tersebut. Menurut subyek Indonesia Lawak Klub” memberikan unsur-unsur edukasi selain unsur lawakan yang ditawarkan.Materi-materi edukasi yang disampaikan pada program tayangan ‘Indonesia Lawak Klub di Trans7 juga memberikan nilai tersendiri terhadap keunggulan dari acara tersebut. Mengenai durasi yang digunakan dalam acara Indonesia Lawak Klub di Trans7 menurut subyek jam tayangan sudah tepat, hal ini dikarenakan selama ini subyek mendapatkan informasi yang penting terkait dengan materi edukasi yang dilakukan dan waktu tayangan telah sesuai dengan harapan subyek sehingga dapat acara tersebut menjadi salah satu pilihan yang harus ditonton. Subyek juga memberikan kritik dan saran sehingga untuk mendukung proses perbaikan dari acara tersebut, namun demikian terdapat subyek juga memberikan kritik terkait dengan tayangan yang disampaikan.