AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN DI PERUSAHAAN PENGRAJIN TAS (Studi Pada CV. Pusgita Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo)
Main Author: | Iryantiningtiyas, Irna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/45845/1/jiptummpp-gdl-irnairyant-45523-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/45845/2/jiptummpp-gdl-irnairyant-45523-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/45845/3/jiptummpp-gdl-irnairyant-45523-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/45845/4/jiptummpp-gdl-irnairyant-45523-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/45845/ |
Daftar Isi:
- CV. PUSGITA merupakan salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berada di daerah Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. CV PUSGITA adalah pusat grosir tas yang terdiri dari puluhan anggota pengrajin tas kulit Tanggulangin yang terbentuk sejak tahun 2005. Seiring ditempa musibah lumpur lapindo pada tahun 2006 lalu, hampir 15% industri di Tanggulangin menurun jumlah konsumennya, tidak terkecuali CV. Pusgita. Hal ini disebabkan akses menuju industri tersebut tertutup oleh lumpur, sehingga tidak dapat dilalui oleh konsumen. Oleh karena itu, untuk mengatasinya maka CV. Pusgita perlu memilih strategi promosi yang baik yaitu melakukan aktivitas komunikasi pemasaran di perusahaan pengrajin tas terhadap produk-produknya. Rumusan masalah dari peneitian ini adalah bagaimana aktivitas pemasaran CV. Pusgita dalam meningkatkan jumlah konsumen. Sesuai dengan rumusan masalah yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas komunikasi pemasaran CV PUSGITA dalam meningkatkan jumlah konsumen. Lokasi penelitian pada penelitian ini adalah industri tas CV. Pusgita Tanggulangin. Tipe dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan teknik purposive sampling proses pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan menggunakan teori prinsip-prinsip komunikasi pemasaran. Dalam penelitian ini, subjek penelitian yang dimintai keterangan adalah karyawan divisi pemasaran, oleh karena itu rancangan sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu memilih orang-orang tertentu karena dianggap berdasarkan penilaian tertentu. Dalam langkah analisa data, peneliti menggunakan analisa data kualitatif untuk mendukung dalam menentukan peranan aktivitas komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah konsumen. Yaitu dengan reduksi data, medisplay data, selanjutnya penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber yakni jika informasi yang diperoleh kebenarannya dari subjekpenelitian yang berbeda atau antara subjek penelitian dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan adalah berupa promosi periklanan yaitu menggunakan media cetak serta elektronik, disertai dengan membagikan dan memasang brosur maupun baliho di sekitar daerah Tanggulangin, dan juga melakukan promosi yaitu mengadakan bazaar atau stand khusus untuk produk dengan harga murah dan memberikan diskon kepada konsumen yang membeli secara grosir, serta hubungan masyarakat dengan cara menjalin kerjasama dengan agen travel serta pemerintah kota setempat untuk mengikuti pameran atau event-event tertentu.