PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI MAJALAH AREMAGAZINE
Main Author: | Ekatantri, Mukhammad Alfian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/45840/1/jiptummpp-gdl-mukhammada-45532-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/45840/2/jiptummpp-gdl-mukhammada-45532-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/45840/3/jiptummpp-gdl-mukhammada-45532-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/45840/4/jiptummpp-gdl-mukhammada-45532-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/45840/ |
Daftar Isi:
- Komunikasi pemasaran merupakan promosi dari organisasi mengenai apa yang ditawarkan dan memberi makna tentang tindakan dalam proses pemasaran yang berdampak pada benak konsumen. Bisa dijelaskan juga komunikasi pemasaran merupakan komunikasi yang berbentuk pemasaran kepada konsumen maupun khalayak yang dituju dengan media tertentu, melalui bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, dan promosi) perusahaan yang digunakan dalam menarik perhatian konsumen, sehingga konsumen tertarik untuk datang dan mencoba produk, barang atau jasa yang ditawarkan, dalam hal ini yang dipilih untuk dikomunikasikan adalah Aremagezine sebagai majalah klub bola yang memberikan informasi seluk beluk klub Arema. Aremagezine menjadi salah satu produk baru yang diluncurkan oleh media officer Arema pada 11 agustus 2014. Majalah yang berisi tentang Arema ini menjadi salah satu produk yang sudah direncanakan sudah lama. Peluncuran Aremagezine ini menjadi salah satu langkah awal untuk menjadi klub sepak bola prefesional dan berjalan di bidang industry. Langkah awal peluncuran Aremagezine ini mungkin bertujuan untuk membuat arema tv yang sudah di inginkan oleh pihak klub dan aremania dalam memajukan klub ini. Dengan adanya Aremagezine ini media officer juga bisa mempublikasikan apa saja yang ada dalam Arema, mulai dari profil pemain, kegiatan latihan, poster pemain dan tujuan utama dalah sebagai ajang silaturohmi kepada aremania. Aremagezine juga menjadi salah satu pemasukan klub diluar sponsor yang sudah menopang dana bagi klub Arema. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Unit analisis data dalam penelitian ini adalah pernyataan dari setiap subjek penelitian yang didapat melalui wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur yang bersifat terbuka. Penelitian ini menggunakan metode analisis data model Miles dan Hubberman dengan subyek penelitian adalah Sudarmadji yang merupakan kepala divisi media officer Arema dengan dibantu informan pendukung yaitu 2 aremania yang merupakan konsumen majalah Aremagezine. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa Aremagezine menjadi salah satu produk baru yang diluncurkan oleh media officer Arema pada 11 agustus 2014. Promosi yang dilakukan oleh Media Officer Arema menurut konsumen Aremagezine dan juga para Aremania sudah sangat efektif. Ada berbagai media alternatif yang disajikan dalam bentuk promo strategi marketing dalam penjualan Aremagezine seperti melalui media Twitter, Facebook, dan Instagram. Pemanfaatan media – media tersebut terbukti sangat efektif karena respon di dunia maya sangatlah cepat dan beragam tanggapannya. Bentuk – bentuk strategi komunikasi marketing lain yang dilakukan oleh Media Officer Arema dalam mempromosikan Aremagezine yaitu melalui iklan, promosi penjualan, acara khusus atau event, dan penjualan pribadi.