STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MEDIA CETAK RADAR MALANG DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA CYBERMEDIA (Studi Pada Media Cetak Radar Malang)
Main Author: | Hakim, Luqmanul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/45803/1/jiptummpp-gdl-luqmanulha-45795-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/45803/2/jiptummpp-gdl-luqmanulha-45795-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/45803/3/jiptummpp-gdl-luqmanulha-45795-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/45803/4/jiptummpp-gdl-luqmanulha-45795-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/45803/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasari atas fenomena adanya media online yang berpengaruh pada pemasaran koran pada media cetak dalam hal jumlah oplah penjualan koran pada media cetak. Dalam pemenuhan kebutuhan informasinya, manusia di permudah dengan adanya media seperti media cetak, media online dan media elektronik. Berdasarkan penelitian awal diperoleh kesimpulan bahwa minat baca masyarakat terhadap media cetak terus mengalami penurunan akibat dari adanya media online. Hal tersebut berimbas pada penurunan jumlah oplah koran yang dijual. Oleh karena jumlah oplah aspek utama media cetak adalah jumlah oplah penjualan, maka perlu adanya strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan media cetak agar terus bertahan. Maka penulis tertarik untuk mengkaji bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan media cetak tersebut. Penelitian ini difokuskan pada strategi yang telah dilakukan oleh media cetak Radar Malang dalam mempertahkan eksistensinya di era internet dalam hal jumlah oplah koran yang dijual. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan deskripsi kualitatif yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan cara menggambarkan objek penelitian sebenarnya pada saat penelitian ini dilaksanakan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data premier yang dikumpulkan melalui wawancara, data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi yang dilakukan dengan peninjauan ulang terhadap strategi yang telah dilakukan oleh Radar Malang dan dokumentasi yang dikumpulkan melalui hasil cetakan koran Radar Malang. Hasil penelitian pada perusahaan media cetak Radar Malang menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Radar Malang yaitu menggunakan push, pull dan pas strategi dimana perusahaan memulainya dengan mempertahankan kepercayaan pembaca kemudian membangun jaringan berupa jaringan informasi dan jaringan pemasaran kemudian meningkatkan strategi pemasaran seperti melakukan promosi, penerapan teknologi, penggunaan sistem marketing B to B dan penerapan sistem customer care kemudian melalui jalur progam berupa program even serta program marketing dan terahir menggunakan tolak ukur yang ditetapkan untuk pencapaian tujuan. Perusahaan juga menggunakan 5 alat komunikasi pemasaran terpadu untuk mempromosikan produknya. Dengan cara tersebut yang menjadi strategi yang telah dilakukan perusahaan, sampai saat ini perusahaan Jawa Pos Radar Malang masih mampu menstabilkan jumlah oplah penjualan koran Radar Malang sehingga masih tetap eksis di dunia pemberitaan.