LITERASI NUMERASI DI SD MUHAMMADIYAH
Main Authors: | Ekowati, Dyah Worowirastri, Astuti, Yuni Puji, Utami, Ima Wahyu Putri, Mukhlishina, Innany, Suwandayani, Beti Istanti |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/45758/41/Peer%20Review%20-%20Ekowati%20-%20Program%20Literasi%20Numerasi%20Sekolah%20Dasar.pdf http://eprints.umm.ac.id/45758/42/Similarity%20-%20Ekowati%20Astuti%20Utami%20Mukhlishina%20Suwandayani%20-%20Program%20Literasi%20Numerasi%20Sekolah%20Dasar.pdf http://eprints.umm.ac.id/45758/43/Ekowati%20Astuti%20Utami%20Mukhlishina%20Suwandayani%20-%20Program%20Literasi%20Numerasi%20Sekolah%20Dasar.pdf http://eprints.umm.ac.id/45758/ http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2541 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) rancangan program literasi numerasi, (2) pelaksanaan program literasi numerasi, (3) upaya dalam mengatasi kendala pelaksanaan program literasi numerasi, (4) faktor pendukung dan (5) faktor penghambat pelaksaan program literasi numerasi. Jenis penelitian ini adalah deskripsif kualitatif. Hasil penelitian yaitu (1) rancangan literasi numerasi di SD Muhammadiyah 1 Kota Malang secara umu m belum terprogram dan secara khusus menyesuaikan materi literasi numerasi pada pembelajaran matematika dan tema pada pembelajaran tematik kurikulum 2013. (2) Pelaksanaan program literasi numerasi telah sesuai dengan tiga tahapan program literasi sekolah yakni tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran, serta sesuai dengan lima indikator literasi numerasi. (3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala program literasi numerasi telah beracuan pada tujuan umum literasi di sekolah. (4) Faktor pendukung terdiri dari pemerintah dan sasaran program literasi numerasi. (5) Faktor penghambat beracuan pada tiga sasaran literasi numerasi. Sasaran literasi numerasi terdiri dari basis kelas, budaya sekolah, dan masyarakat.