PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN BUDAYA INDONESIA PADA LESSON STUDY DI SD INDONESIA BANGKOK THAILAND
Main Authors: | Yayuk, Erna, Ekowati, Dyah Worowirastri |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/45729/19/Peer%20Review%20-%20Ekowati%20-%20Pembelajaran%20Matematika%20Budaya%20Indonesia%20Lesson%20Study.pdf http://eprints.umm.ac.id/45729/20/Similarity%20-%20Yayuk%20Ekowati%20-%20Pembelajaran%20Matematika%20Budaya%20Indonesia%20Lesson%20Study.pdf http://eprints.umm.ac.id/45729/21/Yayuk%20Ekowati%20-%20Pembelajaran%20Matematika%20Budaya%20Indonesia%20Lesson%20Study.pdf http://eprints.umm.ac.id/45729/ http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/3966 |
Daftar Isi:
- Program PLSLN ini, dilaksanakan pada mata pelajaran matematika, dengan tujuan untuk meminimalkan keabstrakan materi matematika sekaligus mengenalkan budaya indonesia. Sehingga dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran matematika menggunakan budaya Indonesia di SD Indonesia KBRI Thailand. Lesson Study dirancang dalam dua siklus yang setiap siklus tersusun atas beberapa kegiatan. Lesson Study tersusun atas 3 kegiatan yaitu plan atau perencanaan dimana secara berkelompok guru menyusun perencanaan pembelajaran secara bersama, do adalah pelaksanaan pembelajaran dimana salah satu guru akan bertindak sebagai model dan diamati oleh guru-guru yang lain, See adalah refleksi untuk perbaikan proses pembelajaran selanjutnya. Hasil refleksi dapat diperoleh sejumlah pengetahuan baru atau keputusan guna perbaikan dan peningkatan pembelajaran, khususnya di SD Indonesia luar negeri. Hasil Lesson Study menunjukkan bahwa siswa SD dalam belajar matematika sangat senang dan setelah dianalisis menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus. Dengan LS Mereka terkondisi untuk belajar dengan sunguh-sungguh dan bertanggung jawab. Pemahaman terhadap suatu materi juga semakin bermakna. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran dan LS dapat menjadi sarana penerapan pembelajaran PAIKEM.