Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) mendeskripsikan implementasi penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di SD Muhammadiyah 1 Kota Malang, 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik berbasis karifan lokal di kelas IV SD Muhammadiyah 1 Kota Malang, 3) mendeskripsikan solusi faktor penghambat implementasi penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di kelas IV SD Muhamamdiyah 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode penalitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 1 Kota Malang yang dilakukan melalui pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal Malang. Kearifan Kota Malang yang digunakan dalam pembelajaran tematik tersebut diantaranya melalui kegiatan membatik, dan permaianan tradisional. Dari pembelajaran membatik karakter yang dapat dikembangkan pada siswa yaitu ketekunan dan ketelitian. Sedangkan dari permainan tradisional balap sarung dapat dikembangkan karakter kerjasama.