Daftar Isi:
  • Pemilihan bus ekonomi sebagai sarana transportasi tentu saja tidak lepas dari berbagai permasalahan yang mempengaruhi kinerja pelayanan dari armada bus ekonomi. Tingginya minat masyarakat akan kebutuhan transportasi dengan jumlah armada yang tidak sesuai menjadi salah satu permasalahan yang mempengaruhi kinerja pelayanan dari armada bus ekonomi rute perjalanan Malang - Surabaya. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi untuk peningkatan kinerja. Kinerja armada bus ekonomi rute Malang – Surabaya berdasarkan Indikator Standar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat diperoleh ; load factor rata-rata selama tujuh hari dimulai dari hari senin sampai dengan minggu pada interval waktu survey pukul 06:00 – 08:00, 10:00 – 12:00, dan 14:00-16:00 rute Malang – Surabaya sebesar 117%, kecepatan perjalanan 41,80 km/jam, headway rata-rata 17,04 menit, rata-rata waktu perjalanan sebesar 1,44 menit/km, frekuensi sebesar 3,29 Kend/jam, sedangkan untuk rute Surabaya - Malang dengan interval waktu survey masing-masing adalah pukul 08:00-10:00, 12:00-14:00, dan 16:00-18:00 selama tujuh hari untuk rata-rata load factor sebesar 112%, kecepatan perjalanan 41,01 km/jam, headway rata-rata 15,03 menit, rata-rata waktu perjalanan 1,46 menit/km, frekuensi sebesar 4,30 Kend/jam. Hasil dari analisa kinerja armada bus ekonomi PO.Restu rute Malang - Surabaya dengan menggunakan indikator standar pelayanan kinerja bus menurut Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, diperoleh kinerja pelayanan armada dengan total nilai bobot untuk rute Malang - Surabaya sebesar 18 dan rute Surabaya – Malang sebesar 19 yang secara keseluruhan masuk pada kriteria baik yaitu dengan nilai antara 18 – 24.