Daftar Isi:
  • Pelayanan Inseminasi Buatan merupakan salah satu pelayanan yang paling penting yang dibutuhkan oleh peternak dalam pengembangan usaha peternakan sapi perah, karena untuk meningkatakan produktifitas ternak sapi perah sehingga tercapainya produksi susu. Kualitas pelayanan Inseminasi Buatan yang baik diharapkan mampu memberikan suatu dorongan kepada peternak untuk tetap menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan. Sehingga dapat terbentuk loyalitas dalam diri peternak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan Inseminasi Buatan dengan loyalitas anggota peternak KUBE PSP Maju Mapan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2016 hingga 19 Maret 2016 yang berlokasi di anggota peternak KUBE PSP Maju Mapan di Desa Kemiri Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu anggota peternak KUBE PSP Maju Mapan dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode penelitian yaitu menggunakan metode survei, sementara teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara dengan panduan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kualitas pelayanan Inseminasi Buatan meliputi bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), empati (empathy) dan jaminan (assurance) dengan loyalitas peternak. Ditunjukkan oleh koefisien korelasi bukti fisik (tangible) (r) = 0,511, kehandalan (reliability) (r) = 0,621, daya tanggap (responsiveness) (r) = 0,745, empati (empathy) (r) = 0,435 dan jaminan (r) = 0,625 (assurance). Daya tanggap (responsiveness) merupakan dimensi yang mempunyai hubungan paling dominan dengan loyalitas peternak.