Daftar Isi:
  • Pola pendidikan karakter tidak hanya dilakukan guru ketika menyampaikan materi di kelas. Guru dalam menyampaikan materi memerlukan alat bantu perantara agar proses penyampaian materi lebih mudah dan tepat sasaran. Salah satu cara tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis komputer. Media pembelajaran yang dapat digunakan guru selain sebagai perantara juga dapat digunakan sebagai sarana dalam menerapkan pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan dan pengetahuan guru dalam menerapkan media pembelajaran berbasis komputer jenis powerpoint presentasi interaktif, kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan media tersebut, dan penerapan pendidikan karakter menggunakan media komputer jenis powerpoint presentasi interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 9 Malang dengan subjek penelitian guru kelas III sampai dengan kelas V yang berjumlah 3 orang. Kemudian teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil temuan penelitian menggambarkan guru-guru sudah mampu menerapkan media komputer jenis powerpoint presentasi interaktif. Tidak ada hambatan yang berarti bagi guru dalam menerapkan pembelajaran powerpoint presentasi berbasis interaktif. Pendekatan pendidikan karakter disampaikan dengan memunculkan konten materi pembelajaran dalam media komputer jenis powerpoint presentasi interaktif yang menunjang keterampilan dan pembiasaan karakter nasionalis dan tanggung jawab.