Implementasi Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Realis pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ponorogo
Main Author: | Regina, Belinda Dewi |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Seni Indonesia Denpasar
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/45154/18/Peer%20review%20-%20Regina%20-%20Metode%20eksperimen%20Prestasi%20Belajar%20Menggambar%20Realis.pdf http://eprints.umm.ac.id/45154/19/Similarity%20-%20Regina%20-%20Metode%20eksperimen%20Prestasi%20Belajar%20Menggambar%20Realis.pdf http://eprints.umm.ac.id/45154/20/Regina%20-%20Metode%20eksperimen%20Prestasi%20Belajar%20Menggambar%20Realis.pdf http://eprints.umm.ac.id/45154/ https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/mudra/article/view/256 |
Daftar Isi:
- Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ponorogo merupakan salah satu sekolah di Ponorogo yang mana men-gajarkan gambar realis dalam mata pelajaran Seni Budaya. Berdasarkan wawancara dengan guru dan beberapa siswa bahwa prestasi belajar menggambar realis cenderung lebih rendah dibandingkan materi pelajaran Seni Budaya yang lain seperti menggambar kartun. Hal ini ditunjukkan dengan perilaku anak yang selalu membuat kesal para guru saat pembelajaran berlangsung. Sebagian besar siswa tidak tertarik terhadap pembelajaran ini disebabkan rasa jenuh dan kurangnya kemampuan mereka dalam menggambar. Melihat fenomena seperti yang dipaparkan di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian “Implementasi Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Realis pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ponoro-go”. Tujuan penelitian ini (1) Mendiskripsikan proses Implementasi Metode Eksperimen untuk Meningkat-kan Prestasi Belajar Menggambar Realis pada Siswa SMPN 1Ponorogo. (2) Mendiskripsikan seberapa besar perbedaan penggunaan metode Eksperimen dengan metode pembelajaran sebelumnya untuk meningkatkan prestasi belajar menggambar realis pada siswa SMPN 1 Ponorogo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tinda-kan Kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Dengan jumlah siswa kelas VIII B 25 siswa yang terdiri dari 17 putri dan 8 putra, metode eksperimen menggunakan siklus I dan siklus II, didapatkan nilai rata-rata siklus I : 81,8, dan siklus II : 85,6. Dengan menggunakan metode eksperimen membuktikan adanya peningkatan nilai sebanyak 3,8. Dalam hal ini peneliti menemukan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen untuk pembelajaran menggambar realis dapat meningkatkan prestasi belajar dibandingkan metode yang digunakan sebelumnya yaitu metode diskusi.