PENERAPAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA RSUD KANJURUHAN MALANG DENGAN METODE BALANCE SCORECARD
Main Author: | Rahmattullah, Fazar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/45004/1/jiptummpp-gdl-fazarrahma-42915-1-pendahul-w.pdf http://eprints.umm.ac.id/45004/2/jiptummpp-gdl-fazarrahma-42915-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/45004/3/jiptummpp-gdl-fazarrahma-42915-3-bab2.pdf http://eprints.umm.ac.id/45004/4/jiptummpp-gdl-fazarrahma-42915-4-bab3.pdf http://eprints.umm.ac.id/45004/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengukur kinerja RSUD Kanjuruhan Malang menggunakan metode Balanced Scorecard merujuk empat perspektif yaitu, perspektif pelanggan, keuangan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan perspektif belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan data sekunder tahun 2012–2014 dan menunjukkan kinerja RSUD Kanjuruhan Malang secara keseluruhan adalah "cukup baik". Indikator retensi pelanggan menunjukkan peningkatan dari tahun 2012-2014 meningkat dari 47% menjadi 57%, pada indikator akuisisi pelanggan menunjukkan hasil yang menurun dari tahun 2012-2014 dari 53% di 2012 menjadi 49% di 2013, menjadi 43% di tahun 2014. Pada perspektif keuangan, rasio efisiensi pada tahun 2012 menunjukkan hasil yang "efisien", tetapi pada tahun 2013 dan 2014 menunjukkan hasil "tidak efisien", sementara rasio efektivitas di RSUD Kanjuruhan Malang terbukti "efektif". Dalam perspektif proses bisnis internal secara keseluruhan dinilai "memadai". Dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada karyawan indikator retensi menunjukkan hasil "cukup baik", dilihat dari hasil BOR dari tahun 2012-2014 menunjukkan hasil fluktuatif namun tetap pada nilai ideal yang ditetapkan, indicator BTO dan ALOS menunjukkan hasil yang kurang memuaskan karna tidak sesuai nilai ideal yang ditetepkan dan terakhir TOI menunjukkan bahwa pemanfaatan tempat tidur di RSUD Kanjuruhan Malang sudah efisien