ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD MUHAMMADIYAH 9 KOTA MALANG
Main Authors: | Ekowati, Dyah Worowirastri, Utami, Ima Wahyu Putri, Kusumaningtyas, Dian Ika |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/44981/40/Peer%20Review%20-%20Ekowati%20-%20Media%20pembelajaran%20tematik.pdf http://eprints.umm.ac.id/44981/18/Peer%20Review%20-%20Utami%20-%20Media%20pembelajaran%20tematik.pdf http://eprints.umm.ac.id/44981/19/Similarity%20-%20Ekowati%20Utami%20Kusumaningtyas%20-%20Media%20pembelajaran%20tematik.pdf http://eprints.umm.ac.id/44981/20/Ekowati%20Utami%20Kusumaningtyas%20-%20Media%20pembelajaran%20tematik.pdf http://eprints.umm.ac.id/44981/ http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/4906/pdf |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran tematik merupakan media pembelajaran yang bisa menjembatani dua atau lebih mata pelajaran yang dipelajari dalam pembelajaran tematik. Dalam pembuatan media harus sesuai dengan analisis kebutuhan dan karaktersitik pembelajaran (tujuan pembelajaran), perkembangan belajar siswa SD serta dengan mempertimbangkan alat pengukur keberhasilan belajar siswa. SD Muhammadiyah 9 memiliki siswa yang latar belakangnya menengah ke bawah serta didukung dengan para guru SD Muhammadiyah 9 yang hampir 50% memiliki latar belakang non PGSD maupun yang masih freshgraduate(belum tersertifikasi). Tujuan dari penelitian ini yaitu memaparkan secara rinci terkait penggunaan media pembelajaran dan kendala yang muncul di SD Muhammadiyah 9. Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa guru belum memaksimalkan penggunaan media. Guru cenderung menggunakan media seadanya. Media yang digunakan masih beragam belum menjadi satu kesatuan sesuai dengan konsep pembelajaran tematik. Hal tersebut dikarenakan terdapat kendala seperti kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran tematik yang masih terbatas. Di sisi lain, SD binaan Universitas Muhammadiyah Malang ini memiliki fasilitas yang lengkap, baik berbasis IT maupun non IT.